Hindari Kanker Payudara dengan Empat Langkah Ini

Ilustrasi kanker payudara
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Kanker, Penyakit Mahal yang Umum di Negara Miskin
- Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang mengancam wanita. Meski risikonya bisa juga terjadi pada pria, namun tetap saja wanitalah yang harus lebih sensitif, dan aktif melawan serta mencegah penyakit ini.

Cara Sederhana Deteksi Kanker

Namun tak perlu takut, karena melawan kanker payudara, bisa dilaukan dengan beberapa langkah, sebagaimana dilansir dari
Mulai Usia 30, Waspada Kanker Prostat
Times of India ini.


Kecilkan pinggul


Salah satu cara untuk mencegah perkembangan sel kanker, adalah dengan membakar dan menghilangkan lemak dalam tubuh, khususnya pada bagian perut dan pinggul. Sebab, sebuah penelitian menyatakan bahwa lemak pada bagian pinggul berhubungan dengan kanker payudara. Lemak, juga bisa meningkatkan kadar esterogen, yang memicu tumbuhnya sel kanker pada payudara.


Miliki keturunan


Memiliki anak, bukan hanya sebuah pelengkap Anda sebagai perempuan. Hal tersebut juga bisa mencegah risiko kanker payudara. Sebuah peneltian menyatakan, apabila seorang wanita memiliki anak di awal usia 20 hingga 30 tahun, maka risiko terkena kanker payudara akan semakin berkurang. Hal ini juga berhubungan dengan aktivitas menyusui, yang bisa mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.


Jangan begadang


Terjaga saat malam, juga bisa membahayakan tubuh wanita. Selain memicu insomnia, kebiasaan bergadang juga bisa berujung pada kanker payudara. Untuk itu sebaiknya, aturlan pola tidur Anda sedemikian rupa, agar risiko kanker bisa ditekan dengan mudah.


Periksakan diri


Yang paling penting dari semua langkah di atas, ialah memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat. Dengan pemeriksaan rutin, tanda kanker akan terdeteksi sejak dini, dan membuat penanganannya lebih bisa dilakukan dengan optimal.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya