Sering Tidur Berlebihan Bisa Sulit Punya Momongan

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini Bisa Terjadi Jika Remaja Kurang Tidur
- Tidur, adalah unsur penting yang harus selalu dijaga demi kesehatan tubuh. Namun, hal ini tidak berarti kita bisa tidur selama apa pun Anda suka. Sebab, tidur terlalu lama juga ada bahayanya, apa saja? Berikut penjelasannya menurut
Times of India
Peneliti Ungkap Bahaya Kurang Tidur Sama Seperti Mabuk
:
Studi: Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Dibanding Pria

Menekan risiko depresi


Sebuah penelitian pada 2014 mengamati siklus tidur dari satu pasangan kembar, di mana salah satu anak kembar tidur 7-9 jam, sedangkan satunya lagi tidur lebih dari 9 jam. Setelah diteliti, terlihat bahwa anak yang tidur lebih dari 9 jam memiliki risiko depresi lebih tinggi, yakni hingga 49 persen. Hal ini kemudian memengaruhi perkembangan otaknya.


Susah punya momongan


Bahaya tidur lebih lama dari orang kebanyakan, juga bisa menyebabkan gangguan pada hormon seksual, yang kemudian menyulitkan Anda dalam memiliki momongan. Seseorang yang tidurnya berlebihan, akan memiliki kualitas sperma yang buruk. Selain itu, risiko yang bisa mengancam tubuh adalah diabetes, yang juga berpengaruh pada hormon dalam tubuh.


Menaikkan bobot tubuh


Fakta lain mengenai bahaya tidur terlalu lama ialah dapat membuat bobot tubuh naik. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa seseorang yang tidur selama 9-10 jam setiap harinya, memiliki kecenderungan kenaikan berat badan sebanyak 25 persen dari orang yang tidur selama 7-9 jam. Pola tidur yang tidak teratur ini juga berpengaruh pada pola makan yang jadi berantakan.


Bahayakan jantung


Satu lagi yang membahayakan jika Anda tidur terlalu lama, gangguan pada jantung. Ya, jantung adalah salah satu organ yang dapat terkena bahayanya. Karena kurangnya tidur, bisa menyebabkan gangguan jantung, dan kardiovaskuler lainnya seperti stroke. Untuk itu, cobalah untuk mengatur pola dari durasi tidur, agar nyawa tak jadi taruhannya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya