Anak di Usia Golden Age, Ini yang Harus Anda Lakukan

Ilustrasi ibu dan bayi
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Golden age adalah usia anak pada masa-masa awal hidupnya di dunia, yakni antara 0 – 5 tahun.

Cara Shahnaz Haque Pilih Pendidikan untuk Anak

Usia tersebut berada pada perkembangan terbaik untuk fisik dan otak anak. Meski sudah banyak keterangan tentang golden age, sayangnya masih ada orangtua yang kurang memperhatikan. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar golden age pada anak tidak terlewati dengan sia-sia?

Dokter Rizal Idrus saat tampil di acara Pesbukers menerangkan, di usia ini banyak hal yang harus diperhatikan.

Di Perut Bayi 15 Bulan Ini Ada Janin 3,6 Kg

"Yang pertama yang harus diperhatikan adalah soal makanan. Anak di usia ini harus diberikan makanan sehat," ujarnya.

Tak hanya soal makanan. Saat usia anak berada di bawah lima tahun, stimulasi juga perlu dirangsang. Salah satu yang bisa dilakukan untuk merangsang stimulasi pada anak, bisa dengan mengajak buah hati berolahraga.

Buah Gori, Dipercaya Bantu Percepat Dapat Keturunan

"Yang paling penting mereka anak-anak dirangsang untuk melakukan aktivitas fisik. Ya, minimal setiap tiga jam sekali. Untuk olahraga, anak cukup diajak berjalan," ujarnya menambahkan.

Lingkungan di sekitar balita Anda juga perlu diperhatikan. Buatlah lingkungan tempat tinggal balita sehat. Dan pastikan bahwa keluarga terdekat mendukung dan melakukan hal-hal positif karena anak belajar dengan meniru dan mengamati. Jika anak mampu belajar berbagai macam hal baik dari lingkungan, biasanya ia akan meniru apa yang diamatinya itu.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya