Ukur Nutrisi Anak lewat Lingkar Lengan

ilustrasi ibu dan anak
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kelengkapan nutrisi dan gizi pada anak merupakan hal penting yang harus dipenuhi orangtua. Jika tidak, buah hati akan terancam gangguan kesehatan, salah satunya malnutrisi, yang akan menghambat proses tumbuh kembang anak.

Pelajaran Moral dan Budaya dalam Kurikulum Sekolah

Lalu, bagaimana cara mengetahui aman atau tidaknya anak kita dari ancaman malnutrisi?

Jawabannya mudah,yakni melalui lingkar lengan. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyatakan, lengan bisa menjadi tolak ukur kecukupan nutrisi dalam tubuh anak yang lebih efektif dibanding bagian tubuh lain. Semakin kecil lingkar lengan, maka akan semakin berkurang gizi yang dimiliki tubuh anak.

Tips Mengajarkan Anak Merawat Rambut

Lingkar lengan pada anak, dapat memberikan tanda adanya gejala dehidrasi pada balita. "Jika lingkar lengannya kecil, maka bobot tubuhnya akan berbanding lurus. Sebagian besar anak dengan malnutrisi, meninggal karena bobotnya yang tidak proporsional," ujar Adam Levine, salah satu peneliti seperti dikutip Dailymail.

Kecenderungan lain dari malnutrisi pada anak akan ditunjukkan dengan gejala diare. Gejala tersebut akan sulit hilang dan bisa bertambah parah bila tak segera ditangani. Untuk itu, segera periksakan anak Anda ke dokter jika mengalami kondisi ini.

Orangtua Penyebab Utama Anak Terkena Gizi Buruk

(mus)

Peresmian PAUD Percontohan

Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca

Orangtua bisa menstimulasi word smart anak dengan cara membaca.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016