Ketahui Penyebab Maag

Ilustrasi sakit maag.
Sumber :
  • VIVAlife

VIVA.co.id - Maag adalah penyakit yang tidak boleh dianggap sepele. Dalam jangka panjang gangguan ini bisa menyebabkan refluks atau naiknya asam lambung hingga ke paru-paru dan tenggorokkan. Penyakit ini juga dapat mengakibatkan komplikasi.

Dan hal itu sangat berbahaya. Apa saja penyebabnya? Dan bagaimana mencegah penyakit tersebut? Berikut informasinya, sebagaimana dikutip dari Times of India:

Merokok

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

Naiknya gas dan asam dalam lambung, yang berujung maag, bisa disebabkan oleh aktivitas merokok yang berlebihan. Hal ini karena merokok dapat memberikan gangguan pada saluran antara perut dan esofagus, yang berujung pada munculnya mulas karena gas lambung yang naik.

Makanan

Jenis dan porsi makanan juga turut andil dalam menyebabkan maag. Jika Anda banyak dalam porsi banyak, dan menu yang dipilih dominan yang mengandung lemak, maka jangan heran bila keluhan maag datang.

Olahraga

Ada Apa di Kota Isfahan Iran yang Baru Saja Diserang Israel?

Olahraga, juga bisa menyebabkan gangguan lambung seperti maag. Olahraga berat yang melibatkan otot perut, akan membuat otot perut bekerja ekstrim dan menyebabkan terjadinya maag.

Sebelum maag menjadi sangat parah, hingga menyebabkan kematian, sebaiknya gejalanya dicegah. Caranya mudah. Dimulai dengan tidak menggunakan sabuk yang terlalu ketat, makan dengan porsi sedikit, dan menjauhi konsumsi rokok dan minuman beralkohol.

(mus)

Ngeri Peringatan Terbaru Iran kepada Israel, Mulai Sebut Nuklir
Ilustrasi sakit maag

Kuman Penyebab Maag Banyak Ditemukan di Samosir

Sakit maag ternyata bisa disebabkankuman Helicobacter pylori.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016