Waspada, Makanan Ini Bisa Sebabkan Perut Buncit

Ilustrasi perut buncit
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Apakah Anda salah satu orang yang mengalami perut buncit? Jika iya, mungkin Anda harus memperhatikan gaya hidup mulai saat ini.

Seperti diketahui, perut buncit sering didefinisikan sebagai pembengkakan umum atau rasa sesak di daerah perut, yang bisa membuat seseorang merasa sangat begah setelah makan.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya perut buncit. Salah satunya, terlalu banyak mengonsumsi biji-bijian.

Makanan tertentu seperti buah-buahan yang keras juga dapat menyebabkan distensi abdomen dan kelebihan produksi gas.

Seorang ahli gizi dan penulis buku, Dr. Marilyn Glenville mengidentifikasi bahwa makanan umum yang biasa dikonsumsi ternyata dapat menyebabkan seseorang mengalami perut buncit.

Glenville juga mengatakan bahwa mengunyah permen karet dapat membuat Anda menelan terlalu banyak udara. Kemudian, udara itu terjebak dalam sistem pencernaan yang akhirnya menyebabkan tekanan gas yang menggembung di perut.

Hal yang sama dapat terjadi jika Anda mengemil sambil jalan, sebab hal itu dapat menyebabkan Anda menelan udara yang cukup banyak. Selain itu, makan terlalu cepat, berbicara sambil makan atau minum dari sedotan juga bisa menjadi faktor terjadinya perut buncit.

Berikut ini beberapa, Anda juga perlu tahu, makanan yang menyebabkan perut buncit dilansir DailyMail.

Sayuran

Brokoli, kembang kol, dan kubis dapat menyebabkan kembung serta kelebihan angin. Bagi sebagian orang, sayuran ini tidak dicerna sepenuhnya dalam usus kecil, karena kurangnya enzim. Hal itu menyebakan ketika makanan mencapai usus besar, bakteri di bagian usus dapat menyebabkan gas dan kembung ketika  makanan tersebut tidak hancur.

Buah

Ada beberapa buah yang dilarang untuk Anda yang ingin perut rata seperti,  buah persik dan plum. Sebab buah itu memiliki kadar gula atau alkohol yang dapat difermentasi yang  menyebabkan kembung dan gas.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang buncis mengandung oligosakarida yaitu sejenis gula alami dalam biji yang biasanya dicerna oleh bakteri di usus besar.  Mencerna kacang pada usus dapat menyebabkan kembung pada perut.

Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan akan memiliki indeks glikemik tinggi dari karbohidrat yang tidak dimurnikan, sehingga mereka dipecah menjadi glukosa lebih cepat yang dapat menyebabkan kembung dan gas.

Bumbu-bumbu

Beberapa makanan pedas seperti kari panas dapat merangsang pelepasan asam lambung, yang menyebabkan iritasi dan memfermentasi sistem pencernaan. Hal itu menyebabkan kembung pada perut. (art)

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016