Sering Mengalami Lelah Panjang, Apa Penyebabnya?

Ilustrasi pria sakit kepala atau lelah
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Fatigue atau merasa lelah yang amat sangat bisa dialami siapa saja. Apalagi saat ini, banyak orang dituntut melakukan pekerjaan serba cepat.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Tak jarang hal ini menyebabkan stres dan kelelahan yang amat sangat. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kelelahan. Salah satunya karena kurang tidur atau tidak banyak mengonsumsi makanan.
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas


Tapi, jika makanan yang Anda konsumsi sudah merasa cukup bahkan tidak pernah tidur kurang dari 8 jam, mungkin ada penyebab lain, yang membuat Anda merasa lelah berkepanjangan.


Jika Anda menemukan diri Anda terus-menerus merasa lelah, walaupun istirahat cukup, mungkin, Anda memiliki masalah kesehatan lain.


Sebab, kelelahan bisa juga menjadi sinyal, bahwa kondisi kesehatan Anda mengalami masalah. Berikut sinyal yang perlu diwaspadai ketika terus-menerus merasa lelah seperti dilansir
Times of India.


Kekurangan zat besi


Kekurangan zat besi atau anemia adalah salah satu hal pertama yang akan dicurigai oleh dokter jika Anda terus-menerus merasakan lelah. Kurangnya zat besi dalam diet Anda akan menghasilkan kelesuan setelah beberapa waktu. Masalah ini pun lebih umum dialami kalangan wanita. Tapi, tak menutup kemungkinan pria juga mengalami masalah ini.


Biasanya, wanit aakan mengalami anemia ketika masuk masa menstruasi. Salah satu cara terbaik untuk mencegah anemia dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti sayuran hijau.


Chronic Fatigue Syndrome (CFS)


Ini adalah penyakit umum lainnya yang membuat orang merasa terus-menerus kelelahan, yang akhirnya bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Pasien sering mengeluh bahwa meskipun tidur selama 8 jam setiap hari, mereka masih sering merasa lelah saat bangun tidur. Sementara dokter mengatakan bahwa sulit untuk menentukan apa sebenarnya yang menyebabkan CFS, beberapa alasan termasuk ketidakseimbangan hormon, infeksi virus, kekebalan rendah atau bahkan stres bisa juga menjadi penyebab lelah berkepanjangan ini. Pengobatan  yang diberikan pun akan berbeda antara pasien satu dengan lainnya.


Diabetes


Alasan lain yang bisa menjadi penyebab Anda merasa lelah adalah fluktuasi kadar gula darah atau diabetes/ Diabetes mungkin memiliki gejala yang berbeda dan satu yang umum, mereka penderita diabetes sering merasa kelelahan. Gejala lain termasuk sering pergi ke kamar kecil dan merasa haus. Menjalani tes darah sederhana akan membantu Anda mengetahui kondisi kadar darah yang menjadi tanda diabetes.


Tertekan

Merasa tertekan atau cemas tentang sesuatu? Hal ini dapat menyebabkan Anda merasa lelah. Jangan ragu untuk mengunjungi seorang ahli perawatan kesehatan mental untuk pengobatan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya