Empat Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Ilustrasi wanita menangis
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menangis, bisa menjadi titik lemah dalam diri seseorang. Menangis, terutama untuk para kaum pria, secara tidak langsung menunjukkan sisi kelembutan yang dimilikinya.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Namun, terlepas dari hal tersebut, menangis ternyata dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan mata.

Apa saja kebaikannya? Simak keseluruhannya sebagaimana dilansir dari Times of India. 

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Membersihkan mata

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Menangis, atau memgeluarkan air mata, tentunya dapat menjadi cara alami membersihkan mata. Selain itu, pandangan juga akan terasa lebih jelas dan terang. Dengan menangis, maka mata Anda akan terhindar dari risiko kering dan terinfeksi. 

Membunuh bakteri

Kegunaan air mata untuk organ penglihatan kita, adalah berperan sebagai anti virus dan anti bakteri, yang bisa membunuh kuman dan vakteri dalam mata. Kandungan Lyzozime, adalah rahasia dari hal ini, karena terbukti dapat membunuh sebanyak 90 hingga 95 persen bakteri dalam 10 menit. 

Meningkatkan mood

Siapa bilang menangis memperkeruh suasana? Faktanya, dengan mengeluarkan air mata, suasana hati Anda dapat naik dan emosi terkontrol. Selain itu, menangis juga bisa membuat perasaan lebih lega, sehingga selamat dari risiko depresi yang kini hadi jadi banyak perbincangan. 

Menghilangkan stres

Selain bisa mengontrol suasana hati, air mata juga bisa menghilangkan stres yang melanda. Hal ini karena, air mata membantu membersihkan mata dari jutaan senyawa kimia yang terus ada dan berkembang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya