Lima Manfaat Sehat dari Air Rebusan Biji Semangka

Ilustrasi buah semangka
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menikmati buah semangka di cuaca panas pasti sangat menyegarkan. Namun, beberapa dari Anda pasti ada yang merasa terganggu dengan bijinya dan lebih memilih untuk membuang.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Tapi, tahan pemikiran itu. Karena, ternyata rebusan air biji semangka memiliki banyak kandungan sehat di dalamnya. Apa saja? Simak ulasannya menurut laman Boldsky.

Asam amino

Ini kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Asam amino berperan secara optimal dalam tubuh untuk memperbaki sistem metabolisme, menjaga kesehatan seksual, serta kardiovaskuler. Kandungan ini lah yang terkandung dalam biji semangka, yang bisa memberi manfaat baik bagi tubuh.

Magnesium

Ya, biji semangka juga punya magnesium, mineral, yang dibutuhkan tubuh. Untuk mendapatkan sumber kebaikan magnesium, Anda bisa mengonsumsi biji semangka yang bisa menjadi sumber pemberi mineral. Dengan mengonsumsi 100 gram biji semangka, Anda dapat mencukupi sebanyak 139 persen kebutuhuan magnesium tubuh.

Kesehatan seksual

Kandungan biji semangka, ternyata juga bisa menjaga kesehatan seksual. Hal ini karena, kandungan lycopene dan vitamin lain di dalamnya, yang bisa mengoptimalkan kerja hormon seksual. Selain itu, kandungan zat baiknya bisa mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Mempertajam ingatan

Satu lagi manfaat dari mengonsumsi air rebusan biji semangka adalah keoptimalan otak dan fungsi ingat. Kandungan baik yang dimiliki biji ini, mampu memperbaiki kerja pikiran dan membuat daya ingat lebih tajam, khususnya untuk para lansia. Selain itu, mengonsumsi biji semangka dapat mempercepat proses pemulihan dari penyakit yang miliki tubuh.

Melawan diabetes


Ingin tahu salah satu senjata ampuh pelawan diabetes? Biji semangka adalah jawabannya. Cara pengolahannya pun mudah, cukup rebus biji semangka dengan air mendidih 30 sampai 40 menit, lalu nikmati air rebusannya. Kebaikan minuman ini mampu mencegah Anda dari penyakit diabetes, dan gangguan kesehatan lainnya. (art)

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016