Empat Efek Negatif Akibat Kurang Tidur

susah tidur
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Tidur, adalah hal yang penting dan dibutuhkan karena berpengaruh pada produktivitas kegiatan harian. Untuk itu, tubuh Anda akan memberikan tanda-tanda tertentu, ketika membutuhkan istirahat atau tidur. Apa saja tanda-tandanya? Berikut informasinya dikutip dari Huffington Post.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Selalu lapar
Hilangkan Depresi dengan Lari


Anda merasa lapar terus dan tak pernah kenyang? Itu adalah salah satu tanda yang coba diberikan oleh tubuh bahwa Anda kurang tidur. Hal ini dibuktikan sebuah penelitian di tahun 2010, yang menyatakan bahwa saat kurang tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon gherlin, yang memicu munculnya rasa lapar, dan keinginan makan makanan berkarbohidrat.


Emosi tak terkontrol


Mudah mengalami perubahan mood, juga merupakan tanda dari kurangnya kualitas tidur Anda. Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, ketika tubuh kurang tidur, sebanyak 60 persen emosi negatif dalam tubuh teraktifkan dan muncul, sehingga emosi menjadi tidak terkontrol.


Pelupa


Anda merasa pikun dan menjadi pelupa? Itu tandanya Anda kurang istirahat. Hal ini karena, tubuh yang kekurangan istirahat, akan berpengaruh pada kesehatan otak. Hal ini adalah alasan Anda menjadi pelupa dan tidak fokus dalam menjalani kegiatan.


Ceroboh


Salah satu efek lain yang muncul ketika tubuh kurang isirahat dan membutuhkan tidur adalah kecenderungan ceroboh dalam melakukan hal. Hal ini ditunjukkan dengan sering jatuh, sering menjatuhkan barang, dan salah membawa barang. Jika sudah seperti ini, segeralah ambil selimut dan pejamkan mata Anda sejenak.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya