Waspadai Empat Gangguan Penyebab Sembelit

ilustrasi sakit perut
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Enam Obat Alami untuk Atasi Sembelit
- Sembelit, atau yang dikenal dengan istilah konstipasi, adalah gangguan pencernaan yang menimbulkan rasa tak nyaman bagi penderita. Gangguan ini, bisa disebabkan berbagai hal seperti kurangnya hidrasi, hingga kurangnya makanan berserat.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Namun, ada beberapa gejala lain yang ternyata bisa menyebabkan efek samping sembelit. Apa saja itu? Ini ulasannya dilansir dari laman
Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar
Boldsky .


Alergi


Anda yang memiliki alergi laktosa, yang terdapat dalam susu sapi, gejala awal yang akan Anda temui adalah keluhan sembelit. Hal ini tentunya bisa mengganggu kegiatan. Untuk itu, siasati hal tersebut dengan beralih pada susu kedelai, yang tidak mengandung laktosa, agar gejala alergi tidak muncul.


Kurang olahraga

Rutin berolahraga, bisa meningkatkan kerja sistim metabolisme dalam tubuh. Ketika Anda kurang berolahraga, maka sistim metabolisme tubuh akan melemah, dan bakteri akan mudah masuk. Salah satu bakteri yang membahayakan akan bakteri yang bisa masuk ke organ cerna dan menyebabkan terjadinya keluhan sembelit tersebut.


Obat


Jangan sangka semua obat bisa meredakan sakit, justru beberapa obat bisa menyebabkan efek samping yang buruk bagi tubuh, khususnya organ cerna. Beberapa jenis vitamin, juga bisa memberikan dampak gejala sembelit bagi tubuh, untuk itu penggunaannya harus diawasi.


Depresi


Gangguan ini, ternyata juga bisa berhubungan dengan sistim cerna Anda. Sebab, depresi yang melanda seseorang, akan melemahkan kekebalan tubuh, sehingga penyakit mudah masuk, salah satunya gangguan pada organ cerna, seperti salah satunya sembelit.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya