Lima Senjata Jitu untuk Hentikan Cegukan

wanita cegukan / bersendawa
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Sebagian besar dari Anda pasti sudah mengetahui dan setidaknya pernah mengalami gejala cegukan. Cegukan bisa terjadi karena beberapa hal, seperti makan terlalu cepat atau stres.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Tahukah Anda, menghilangkan cegukan bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Bagaimana? Simak ulasannya, seperti dikutip dari laman Times of India.

Gula

Memakan satu sendok penuh gula, ternyata bisa menjadi cara jitu menghentikan cegukan. Hal ini karena, gula dapat memberi rasa tak nyaman di tenggorokkan dan membuatnya berkontraksi, yang kemudian cegukan jadi berhenti. Selain gula, satu sendok selai kacang juga bisa menjadi solusi.

Atur napas

Yang satu ini adalah trik lama yang sering dilakukan saat cegukan. Tahan napas dalam waktu yang cukup lama, lalu embuskan napas secara perlahan. Meski kuno, tapi cara ini cukup efektif dan terbukti dapat menghilangkan cegukan.

Minum


Segelas air putih, juga bisa menjadi altenatif untuk Anda yang ingin menghentikan cegukan. Dengan minum tenggorokan akan teralihkan dan cegukan akan hilang dalam sekejap.

Kaget

Trik ini sama kunonya dengan menahan napas, namun khasiatnya bisa dibuktikan. Hal ini karena ketika seseorang terkejut, maka sistim di dalam otak teralihkan dan akan merubah pengaturan napas, sehingga cegukan segera berhenti.

Makanan asam

Satu lagi yang bisa menghentikan gangguan cegukan, adalah melahap makanan asam. Memakan makanan asam, dapat memengaruhi sistim napas Anda, dan membuat cegukan berhenti. Hal ini juga bisa terjadi ketika Anda mengerutkan wajah menahan sengatan rasa asam makanan. (ren)

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016