Dokter: Tubuh Gampang Lelah, Hal Wajar saat Puasa

Ilustrasi puasa
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Saat berpuasa, mungkin beberapa dari kita ada yang merasakan gejala lemas, dan mudah lelah. Gejala ini biasanya datang di siang hari, atau menjelang waktu berbuka. Namun, jangan cemas, karena yang terjadi pada Anda adalah hal wajar.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Menurut Dr. Sri Sukmaniah, Msc, SpGK, gejala-gejala seperti lemas dan mudah lelah selama berpuasa, adalah efek dari transisi tubuh terhadap rutinitas baru. "Wajar bila terasa lemas dan mudah lelah, karena waktu makan yang berubah saat berpuasa," ujarnya, ditemui beberapa waktu lalu, dalam sebuah acara kesehatan.
Hilangkan Depresi dengan Lari


Nia menjelaskan, rasa lemas dan mudah lelah, sebaiknya jangan dituruti. Karena jika diikuti, tenaga Anda akan semakin terkuras dan puasa akan terasa makin menyulitkan.


"Tetaplah beraktivitas selama menjalankan puasa, dengan begitu tubuh akan menyesuaikan diri dan menjadi lebih bugar," katanya.


Selain itu, menurut Nia, pilihlah makanan sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi. "Jangan makan dengan porsi berlebih, karena bisa menguras energi untuk mencernanya. Lakukan pula olahraga rutin agar tubuh tetap bugar, jadi puasa lancar." (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya