Bugar dengan Mengatur Pola Makan Sehat saat Ramadhan

wanita hangout di kedai kopi
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
MA India Izinkan Puasa Sampai Mati
- Memasuki bulan suci Ramadhan, tentunya Anda memiliki rutinitas baru yang berbeda dengan bulan lainnya. Salah satunya, adalah menerima dan menghadiri undangan buka puasa bersama teman maupun kolega kerja.

Lebaran 2015, Pendapatan PT KAI Melebihi Target.

Hal inilah, yang mungkin akan jadi membingungkan untuk Anda yang sedang menjalankan gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan. Beberapa dari Anda akan cenderung menolak undangan itu, dengan alasan beragam. Namun sebenarnya tak perlu risau, karena Anda bisa tetap menjaga keseimbangan nutrisi meski banyak undangan puasa datang.
Pengguna KRL Naik 26 Persen Selama Libur Lebaran


Hal ini diungkap dr Sri Sukmaniah, Msc, SpGK, ahli gizi klinik dari Universitas Indonesia. Menurutnya, sangat mudah menjaga nutrisi sehat selama puasa meski banyak undangan buka bersama muncul. "Yang terpenting adalah strategi kita dalam memilih makanan di tempat acara," katanya.


Nia menyarankan, di saat waktu berbuka, mulailah dengan memimun segelas air putih, lalu beralih pada makanan manis. "Penting untuk mengembalikan kadar gula darah yang hilang saat puasa," ujarnya. Setelah itu, minum lagi segelas air putih sebelum akhirnya melanjutkan dengan makanan utama.


Selain itu, ungkap Nia jauhilah makanan yang mengandung santan, minyak, dan bahan berlemak lain. Memang menggoda, tapi tidak ada gunanya. Karena itu hanya akan menjadi sampah dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah makanan yang lebih sehat.


"Pola makan seperti ini akan menyelamatkan Anda dari kalori berlebih saat berbuka, tanpa membatasi aktivitas di dalam acara. Yang terpenting, selalu pilih makanan yang bernutrisi baik dan berguna untuk menjaga ketahanan saat puasa di hari selanjutnya," ungkap Nia.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya