Tips Menjalankan Puasa untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi Diabetes
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menjalani puasa di bulan Ramadhan, harus dilakukan sepenuh hati. Untuk itu persiapan fisik maupun mental pastinya sudah menjadi perhitungan. Nah bagi para penderita diabetes, ini cara agar ritual berpuasa berjalan lancar.

Menurut Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD, penderita diabetes tetap bisa melaksanakan puasa dengan baik, asalkan tertib menjalani tips yang bisa menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum puasa untuk para diabetisi, adalah dengan mengonsultasikan diri ke dokter. "Sebelum menjalankan puasa, Anda harus tahu terlebih dahulu, tahu kapasitas diri seberapa besar kemungkinan Anda bisa menjalankannya. Periksakan diri minimal tiga bulan sebelumnya," ujar sang dokter, diwawancara beberapa waktu lalu, dalam sebuah acara kesehatan di Jakarta.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan diabetisi yang berpuasa, adalah mengatur pola makan. Hal ini penting, karena bisa menentukan kandungan gula darah yang masuk ke tubuh.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

"Konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral saar sahur dan berbuka, serta cukupi asupan air putih. Inilah yang menjadi kunci dari keseimbangan gula darah selama berpuasa," ungkapnya.

Hal lain yang juga harus dilakukan para diabetisi, adalah menyesuaikan jadwal minum dan suntik obat, terutama untuk yang menjalankan suntik insulin.

Anda bisa menjadwalkan pengobatan diabetes ini pada saat sahur dan berbuka, bisa juga ditambah sebelum tidur. Untuk menyempurnakan puasa para diabetisi, janga lupa selalu mengecek kadar dula darah, agar puasa lebih nyaman dan lancar tanpa gangguan.

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016