Ini Manfaat Tidur Siang Teratur untuk Bayi

Ilustrasi ibu dan bayi
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Ketika bayi Anda terjaga, mereka belajar mengenai banyak hal. Otak bayi sibuk dengan hal-hal yang baru dan memahami berbagai fakta baru. Hal ini membuat istirahat sangat penting untuk bayi.

Heboh Bayi Diduga Disandera, Ini Cerita Sebenarnya

Terlepas dari waktu tidur di malam hari, apakah Anda ingin tahu bagaimana tidur siang teratur bagi otak bayi? Ada banyak penelitian mengenai topik ini dan sebagian besar dari mereka keluar dengan hasil yang mendorong bayi untuk tidur siang.

Sebuah studi dari Proceedings of the National Academy os Sciences menunjukkan, bayi belajar hal-hal baru yang lebih efisien setelah mendapatkan tidur yang baik.

Kenali Kesehatan Suami Saat Kehamilan Istri

Waktu tidur siang dapat bervariasi sesuai dengan usia bayi. Pada usia dini otak bayi dan sistem saraf pusat yang menetap dengan pola tidur, akan lebih mudah untuk membuat bayi tidur siang dalam jangka waktu yang lama.

Berikut beberapa manfaat tidur siang teratur bagi bayi, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Bank Dunia Khawatir Balita Kurang Gizi di Indonesia

Memori

Sudah banyak penelitian yang berhubungan dengan tidur siang bayi. Semua menunjukkan, bayi yang mendapatkan tidur yang baik memiliki kapasitas yang lebih besar untuk menghafal hal-hal baru. Ini mencakup memori baru dan memori jangka panjang.

Memahami lebih baik

Bayi yang memiliki tidur siang yang cukup dapat membantu si kecil untuk memahami hal-hal lebih baik melalui sentuhan, suara, penglihatan, penciuman, dan rasa.

Imajinasi

Manfaat tidur siang tidak hanya terbatas pada memori dan pemahaman saja. Anak-anak yang mendapatkan cukup tidur siang ditemukan lebih kreatif dan mereka memiliki kekuatan imajinatif luar biasa. Otak mereka akan memproses apa yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan imajinasi mereka.

Koordinasi

Dengan mendapatkan tidur yang cukup, bayi akan memiliki peningkatan kapasitas untuk mengkoordinasi dan menghubungkan hal-hal yang berbeda. Ini jelas menunjukkan bahwa tidur siang sangat penting untuk meningkatkan proses belajar bayi.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya