Tips Pilih Makanan untuk Anak agar Terhindar Diabetes

Diabetes
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Menu Sarapan untuk Anak Penderita Diabetes
- Penyakit diabetes bukan lagi diderita oleh orang dewasa, karena anak-anak juga bisa mengalami gejalanya. Pada kasus diabetes tipe 1, anak-anak akan semakin kesulitan, mengingat kondisi penyakit yang membuat tubuh tidak bisa menghasilkan insulin, yang kemudian berdampak pada berlangsungnya aktivitas tubuh.

Dokter Filipina Temukan Obat Diabetes dalam 5 Menit
Lalu, apa saja makanan yang harus dicukupi pada anak yang menderita penyakit diabetes tipe 1? Simak ulasannya sebagaimana dilansir Times of India berikut ini. 

Penderita Diabetes, Ditemukan Pil Pengganti Suntik Insulin
Awasi konsumsi karbohidrat yang dikonsumsi anak. Sebab, karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, yang bisa menimbulkan gejala diabetes pada anak. 

Anak dengan diabetes, masih bisa memakan makanan manis, tentunya. Namun jumlah dan jenisnya haruslah diseleksi terlebih dahulu, agar kadarnya seimbang dan tidak membahayakan. 

Pastikan anak Anda tidak mengonsumsi makanan olahan. Pilihlah makanan segar seperti dada ayam, kentang rebus, telur, dan kacang, yang akan lebih berguna ketika dicerna. Cobalah juga mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks seperti gandum, dan oats lebih baik di tubuh. 

Dalam kasus diabete tipe 1, di mana anak membutuhkan suntikan insulin, penting bagi Anda para orang tua, untuk memastikan bahwa makanan apa yang tidak mengganggu kerja obat yang digunakan. 

Penderita diabetes, termasuk yang masih anak-anak, memiliki risiko terkena dua penyakit lain, yakni hypoglikemia dan hipertlikemia, yang berhubungan dengan kadar gula darah. Untuk itu penting sekali bagi Anda untuk memastikan keseimbangan gizi asupan anak, yang bisa membuatnya jauh dari risiko tersebut. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya