Studi: Obesitas Pengaruhi Reseptor Rasa Lidah

Lidah
Sumber :
  • istockphoto
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Penumpukan lemak di tubuh tidak hanya memengaruhi apakah jin favorit Anda muat atau tidak, namun juga kemampuan Anda merasakan makanan.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar
Ya, seperti dilansir dari Daily Meal, sebuah studi yang belum lama ini dilakukan telah menemukan bahwa obesitas bisa memengaruhi reseptor rasa di lidah seseorang, membuatnya menjadi semakin sulit untuk mendeteksi rasa manis.

Hilangkan Depresi dengan Lari
Studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Buffalo itu melibatkan serangkaian tes pada 50 ekor tikus yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberi diet tinggi lemak dan kelompok lainnya dibiarkan menjalani pola makan normal. 

Setelah delapan pekan, tikus-tikus di kelompok pertama mengalami peningkatan berat badan yang signifikan. Tingkat kalsium mereka juga diukur dalam sel-sel reseptor rasa, karena tingkat kalsium di sel-sel tersebut biasanya meningkat saat rasa-rasa tertentu dideteksi.

Menurut studi yang telah dipublikasikan di jurnal PLoS ONE itu, sinyal kalsium rasa yang diinduksi dalam sel rasa secara signifikan berkurang pada tikus gemuk, terutama untuk rasa manis dan pahit.

"Lebih sedikit sel-sel rasa tikus obesitas yang sensitif terhadap rangsangan manis. Selain itu, di antara sel-sel yang responsif, sinyal yang terbangun secara signifikan berkurang pada kedua amplitudo puncak dan daerah secara keseluruhan," demikian laporan studi.

Dengan demikian, sel-sel reseptor rasa tampaknya kehilangan kemampuan untuk merespons jenis rangsangan dengan tepat.

Lalu, apa artinya?

Peneliti memiliki teori bahwa kemampuan merasakan rasa manis bisa meningkatkan konsumsi makanan manis, dan membuat seseorang semakin sering menginginkan asupan makanan manis yang pada akhirnya membuat berat badan mereka menjadi kian melonjak.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya