Cara Meningkatkan Kadar Estrogen bagi Wanita

Ilustrasi ibu hamil konsultasi
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Dalam rumah tangga, kadang ada wanita yang belum juga dikaruniai momongan meski telah beberapa lama menikah. Mereka lalu mencoba beberapa cara, salah satunya mengonsumsi jamu kunyit asam yang konon berpengaruh pada rahim.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Konon, hal itu bisa membawa pengaruh terhadap hormon estrogen yang berperan dalam reproduksi. Namun, benarkah hal ini dari sisi medis?

Dokter Jeslyn Valentina dari laman Meetdoctor menjelaskan, tips untuk meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh adalah dengan dua hal: yang pertama melalui obat estrogen. “Ia dapat diberikan melalui suntikan maupun oral. Obat tersebut dapat merangsang produksi estrogen dan mengganti estrogen yang tidak lagi diproduksi secara alami oleh tubuh,” ujarnya.

Yang kedua dengan obat kontrasepsi. Selain digunakan sebagai pengendali kehamilan, obat kontrasepsi bisa pula digunakan untuk membantu mengatur produksi dan metabolisme estrogen.

Beberapa obat kontrasepsi mengandung estrogen dan progesteron, sedang obat lainnya hanya mengandung estrogen. Untuk amannya, berkonsultasilah dengan dokter untuk memilih obat kontrasepsi yang tepat.

“Menurut beberapa penelitian, makanan alami seperti kedelai bisa membantu meningkatkan produksi hormon estrogen. Namun, makanan tidak dapat memperbaiki kekurangan hormon estrogen yang parah, jadi pastikan untuk mendiskusikan perubahan diet dengan dokter dulu,” ucapnya.

Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

Mengenai jamu, ia katakan belum terdapat penelitian mengenai pengaruhnya kunyit asam terhadap hormon estrogen.

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017