Ini Penyebab Manusia Mengigau

Ilustrasi tidur di pesawat
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini Bisa Terjadi Jika Remaja Kurang Tidur
- Ketika seseorang dalam keadaan kurang sehat, banyak hal terjadi pada tubuhnya. Seperti menggigil, kedinginan, hingga mengigau di kala tidur. Dalam kasus mengigau, hal ini biasanya terjadi pada anak yang terserang demam. Lalu, apakah hal ini wajar? Atau justru menjadi tanda ada gangguan kesehatan serius?

Peneliti Ungkap Bahaya Kurang Tidur Sama Seperti Mabuk

Menurut dr Rahajeng dari laman
Studi: Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Dibanding Pria
Meetdoctor, mengigau lazim terjadi pada anak-anak, dan pasien dewasa. Kebanyakan tidak berbahaya dan merupakan kondisi wajar yang seringkali malah melibatkan faktor keturunan semata. "Namun, dapat juga berupa gangguan medis yang serius, atau efek samping dari konsumsi obat-obatan," ujarnya.


Ia terangkan, mengigau bisa pula disebabkan harapan-harapan yang belum tercapai. "Bila terlalu sering, dan dirasakan mengganggu, saya sarankan penderita berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri," ungkapnya.


Bagi pasien dewasa, akan sangat membantu apabila memiliki jurnal tidur dua minggu yang berisi pola tidur (waktu tidur dan waktu bangun), kapan mulai mengigau, apa isinya, berapa kali, dan berapa lama mengigau.


“Hal-hal ini mungkin bisa ditanyakan kepada teman yang melihat Anda tidur, atau dengan memasang alat perekam saat terlelap. Informasi ini akan membantu dokter untuk mencari penyebab permasalahan mengigau Anda,” katanya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya