Efek Kesehatan Jika Berlebihan Mengonsumsi Kecap Asin

Kecap
Sumber :
  • Nourishingmeals
VIVA.co.id
Parasit Hidup di Tubuh Remaja Pria Ini
- Kecap adalah salah satu "teman" makanan yang disukai masyarakat Indonesia. Salah satu yang konsumsinya cukup tinggi adalah kecap asin. Namun, mengonsumsi kecap asin ternyata bisa memberikan dampak tak baik bagi tubuh, karena menimbulkan risiko kesehatan. Apa saja itu? Simak ulasannya menurut laman
Boldsky.
Tujuh Makanan 'Busuk' yang Menyehatkan


Wasir, Pria Ini Nekat Tancapkan Pedang Plastik ke Bokong
Kanker payudara

Mengonsumsi kecap asin secara berlebih, ternyata bisa menyebabkan gangguan payudara. Sebab, kandungan isoflavon dalam kecap asin dan produk kedelai yang difermentasi, bisa meningkatkan produksi sel kanker di payudara yang berbahaya untuk kesehatan.


Merusak sperma


Konsumsi produk kedelai fermentasi seperti kecap asin, juga membahayakan kesuburan pria. Hal ini karena kandungan kecap asin dapat merusak kualitas dan mengurangi jumlah sperma yang diproduksi pria. Hal ini juga bisa memengaruhi hormon seksual pria yang menimbulkan keluhan lain.


Kardiovaskuler


Kandungan garam berlebih dalam kecap asin, terbukti dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler. Kadar garam ini, juga bisa meningkatkan tekanan darah yang semakin berbahaya, karena bisa menyebabkan kematian.


Mengandung MSG


Selain kadar garam tinggi, kecap asin juga menggunakan bahan MSG, yang berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu lama. Kadar MSG dalam tubuh, bisa memengaruhi keoptimalan kerja otak, dan bisa merusak jaringan saraf.


Merusak ginjal


Kandungan oksalat dan fitoestrogen dalam produk kedelai fermentasi, juga berbahaya, karena bisa memperlambat kerja organ ginjal. Konsumsi jangka panjang, bisa menyebabkan sumbatan yang berujung pada munculnya batu ginjal, hingga gagal ginjal pada penderita. Untuk itu, cobalah kurangi tingkat konsumsinya, agar dampaknya tidak membahayakan tubuh. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya