Studi: Makanan Junkfood Buat Perut Susah Kenyang

Junkfood
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tragis, Pria Ini Meninggal Tersedak Burger
- Makanan cepat saji, atau yang banyak dkenal dengan istilah
junk food
Parasit Hidup di Tubuh Remaja Pria Ini
, kini semakin tinggi konsumsinya di Indonesia. Hal ini sangat disayangkan, mengingat kandungan bahaya dalam makaan cepat saji bisa membahayakan kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan.
Tujuh Makanan 'Busuk' yang Menyehatkan

Salah satu bahaya dari
junkfood
terhadap tubuh, dibuktikan sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa mengonsumsi
junkfood
berlebihan dapat membuat seseorang susah kenyang.


"Konsumsi makanan berlemak yang terlalu banyak, dapat mengganggu sinyal antara otak dan organ cerna, yang memberikan tanda 'kenyang', sehingga kita sulit merasa kenyang saat makan," ujar Kryztof Scaja, dari Univerity of Georgia, yang melakukan penelitian ini.


Dilansir dari
Daily Mail,
konsumsi makanan berlemak yang berlebihan juga bisa menyebabkan terjadi perkembangan bakteri di dalam lambung, yang bisa bisa memicu terjainya peradangan, yang kemudian merusak saraf perut ke otak yang menyampaikan sensasi 'kenyang'. Dalam jangka panjang, peradangan ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan lain yang lebih berbahaya.


Kryztof juga menyatakan, makanan olahan yang terproses lama juga menjadi makanan yang dapat mengganggu keseimbangan jumlah bakteri baik dalam lambung, yang kemudan menciptakan miskomunikasi pada otak dan lambung. Karena itu, beralihlah pada jenis makanan yang lebih segar dan sehat, yang juga ramah pada organ lambung kita. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya