Ini Cara untuk Mengurangi Kecanduan Kopi

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Banyak orang menyukai kopi karenan aroma dan kenikmatan ketika diminum. Tidak hanya orangtua saja yang menyukai kopi, kini anak muda juga sangat menikmati kopi ketika nongkrong bersama teman di coffe shop. 

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon
Jika diminum secara reguler atau tidak berlebih kopi tidak akan membahayakan, tapi ada bahaya kesehatan jika menimumnya terlalu banyak atau kecanduan. Berikut cara untuk mengurangi kecanduan kopi, seperti dilansir laman Boldsky.

Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan
Mengetahui efek samping dari kopi

Mengedukasi diri Anda sendiri mengenai efek samping dari kopi, merupakan salah satu cara yang baik untuk mengurangi kecanduan kopi. Mengetahui bagaimana kafein yang berlebih masuk ke dalam tubuh dapat membuat berbagai gejala kesehatan yang buruk. Tulis mengapa Anda mulai berhenti meminum kopi. 

Mengurangi kopi secara perlahan

Jika Anda langsung berhenti mengonsumsi kopi hal ini akan menjadi tidak baik. Mengurangi kopi secara dikit demi sedikit dapat membuat tubuh menyesuaikan perubahan tersebut.

Cari minuman lain

Alihkan perhatian Anda terhadap kopi, coba dengan minuman lain. Anda bisa mencoba minuman yang menyehatkan seperti jus buah atau jus sayur. Hal ini dapat mengurangi kecanduan Anda terhadap kopi.

Mengobati gejala kecanduan kopi

Pecandu kopi yang kronis dapat merasakan pusing yang sangat hebat. Jika Anda mengalami sakit kepala, minum obat untuk menguranginya dengan resep dokter. Dengan alasan ini, Anda juga mestinya bisa mengurangi kecanduan kopi tersebut.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya