Tips Sehat Tunda Menopause

Ilustrasi wanita senja bergaya.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Masa menopause akan dilalui oleh setiap kaum hawa pada usia tertentu. Biasanya, para wanita lanjut usia yang berurusan dengan menopause cenderung terlihat sensitif dari biasanya. 

Kapan Seharusnya Wanita Berhenti Mengandung?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak wanita saat ini melalui menopause sebelum usia 45 tahun. Ada beberapa faktor seperti genetika, etnisitas, dan faktor biologis yang tidak dapat dihindari untuk menunda masa menopause. 

Tetapi, tak perlu khawatir. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa ada perubahan gaya hidup sehat yang dapat memungkinkan untuk menunda masa menopause. 

Kenali Kondisi Tubuh Wanita Mendekati Menopause

Seperti yang dilansir dari laman Boldsky, ada beberapa langkah sehat untuk menunda masa menopause.

Merokok

Ajaib, Wanita Ini Hamil Usai Didiagnosa Menopause Dini

Sebuah penelitian mengungkapkan hasil yang mengejutkan bahwa wanita perokok mengalami menopause beberapa tahun lebih awal daripada yang lain. Karena itu, berhenti merokok dapat meminimalkan risiko dan menunda menopause.

Konsumsi yogurt 

Anda dapat mengonsumsi yogurt rendah lemak untuk menunda masa menopause. Dengan demikian, Anda juga semakin mengalami tingkat kesehatan yang lebih baik. 

Hindari stres

Ketidakharmonisan rumah tangga, kehidupan terganggu, kurangnya kasih sayang, kesepian, dan kondisi lain yang menyedihkan dapat menjadi kontribusi untuk menopause dini. Karena itu, hiduplah apa adanya dan isi kehidupan dengan sukacita dan cinta.

Peralatan dapur

Para ibu sebaiknya lebih efisien dalam memilih peralatan dapur. Panci yang memiliki kandungan tertentu, dapat menjadi racun bagi kesehatan. Jika Anda menggunakan peralatan memasak yang mengandung asam perfluoro-oktanoat pada permukaannya, peralatan tersebut mengandung racun.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengklaim bahwa bahan kimia itu terdapat di permukaan panci (non-stick) yang menyebabkan menopause dini, karena memengaruhi kadar hormon pada wanita.

Plastik

Sebaiknya Anda mulai mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan rumah tangga. Terutama, saat membeli, atau membungkus makanan, pastikan Anda menggunakan kertas, bukan plastik. Selaini itu, kotak makan siang sebaiknya terbuat dari baja bukan plastik. Bahan kimia tertentu yang terkandung dalam plastik dapat memengaruhi perubahan hormonal.

Ikan

Kita semua telah mendengar hal besar tentang omega 3 asam lemak yang ditemukan pada ikan. Mengonsumsinya secara teratur, membantu meningkatkan kadar metabolisme, fungsi hormonal dan berat badan.

Banyak aktivitas

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa wanita yang terlalu banyak bekerja lebih cepat mengalami menopause dari pada wanita lain. Tingkat stres karena pekerjaan yang berlebihan, juga dapat memengaruhi sistem reproduksi.

Produk kecantikan

Sejumlah produk kecantikan mengandung bahan kimia berbahaya. Jika kulit Anda menyerap lebih banyak bahan kimia tersebut, kadar hormon akan terganggu dan mempercepat menopause. Karena itu, Anda dapat menggunakan produk kecantikan yang lebih alami dan jumlah yang sedikit. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya