Usia Jadi Faktor Penentu Kesehatan Tulang

Ilustrasi tulang tengkorak
Sumber :
  • iStockphoto
VIVA.co.id
Lutut Sering Bergetar? Waspada Pengapuran Tulang
- Semakin beranjaknya usia, tingkat kesehatan pun semakin berkurang jika tidak dijaga dengan baik. Begitu pun dengan tulang yang akan mengalami penyusutan seiring bertambahnya usia. Para ahli mengatakan bahwa lebih dari usia 45 tahun, kesehatan tulang pun menurun.
 
Chiropractic, Teknik Pengobatan Nyeri Punggung Tanpa Operasi
Pada beberapa orang, tulang belakang menjadi lemah karena kehilangan kepadatan tulang. Beberapa orang bahkan mungkin terlihat lebih pendek karena perubahan tersebut. Ketika otot-otot mulai melemah, tingkat kepadatan tulang pun berkurang dimakan usia. 

Waspada, Duduk Terlalu Lama Menyebabkan Kematian
Mengapa tulang menyusut dengan penuaan? Para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi kalsium dan mengurangi aktivitas fisik. Hal demikian, terlihat dari jumlah penderita gangguan tulang setelah usia tertentu meningkat dari hari ke hari. Seperti yang dilansir dari laman Boldsky, ada beberapa tips untuk menghindari hal tersebut.

Asupan kalsium

Penuaan akan dialami oleh siapa saja namun Anda tetap perlu menjaga asupan kalsium secara teratur. Tulang membutuhkan kalsium agar tetap terjaga dengan baik. Kandungan vitamin D dalam tubuh memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium. Anda dapat memperoleh sumber kalsium tersebut dari almond, susu, ikan salmon, dan brokoli.

Aktifitas

Seseorang yang bekerja di luar rumah cenderung memiliki tulang yang sehat daripada mereka yang tidak pernah berolahraga. Salah satu contoh seperti angkat beban atau berjalan menjadi rekomendasi latihan yang dapat menekankan otot dan tulang. 

Merokok

Merokok dapat menyebabkan penghambatan kualitas tulang. Bagi Anda perokok, sebaiknya berhenti setidaknya untuk alasan kesehatan tubuh.

Alkohol

Alkohol dapat mengganggu metabolisme kalsium dalam tubuh Anda. Bagi Anda yang telah berusia lebih dari 45 tahun sebaiknya menghindari minum alkohol berlebihan. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya