Waspada 'Efek Samping' Berlibur di Pantai

Ilustrasi pasangan liburan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Momen Lebaran, dijadikan waktu yang tepat untuk sejenak menikmati liburan ke beberapa lokasi wisata. Pantai, adalah salah satu tujuan banyak pelancong untuk menghabiskan waktu dan memanjakan diri dengan pemandangan indah bersama keluarga.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Namun, sebuah penelitian berhasil mengungkapkan fakta, bahaya kesehatan yang tersembunyi di gundukan pasir pantai, yang biasanya dibuat mainan oleh anak-anak.
Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan


"Akses berlebihan terhadap sinar matahari dan air laut di pantai, diketahui dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti gangguan pencernaan, pernapasan, dan iritasi pada kulit. Namun ada satu hal lagi yang harus diwaspadai, gundukan pasir," ujar salah satu peneliti.


Dilansir dari
Daily Mail
, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental Science & Technology ini, mengungkapkan adanya kandungan bakteri yang terdapat pada kotoran manusia, yang terdeteksi ada di dalam pasir pantai, yang selama banyak pula digunakan untuk duduk, bahkan berjemur dengan merebahkan badan.


Mikroba tersebut, di antaranya adalah Enterococci dan C Perfringens, yang biasanya terkandung dalam kotoran manusia, yang tentunya membawa bakteri yang bisa membahayakan kesehatan. Bahaya bakteri ini semakin mengkhawatirkan, karena adanya kontaminasi dengan air laut, yang juga memiliki kandungan bakteri yang tak kalah berbahaya.


Untuk itu, bagi yang berniat menghabiskan waktu berlibur di pantai, sebaiknya berhati-hati dan perhatikanlah kebersihan tubuh, agar tak tercemar penyakit berbahaya. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya