Empat Jenis Susu dan Pengaruhnya pada Jantung

Ilustrasi susu
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Susu adalah salah satu elemen dari makanan 4 sehat 5 sempurna, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bagi kesehatan jantung.

Apa saja jenis susu yang baik untuk kualitas jantung Anda? Simak ulasannya, sebagaimana dikutip dari laman Boldsky:

Susu kedelai

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Kebaikan susu kedelai, bisa menjadi alternatif lain bagi Anda yang ingin mendapatkan kebaikan susu, namun, memiliki alergi pada laktosa, yang biasa terkandung dalam susu sapi. Selain kebaikan itu, susu kedelai juga ternyata merupakan asupan baik yang bisa menjaga kesehatan jantung.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa susu kedelai memiliki kandungan kolesterol jahat yang rendah, sehingga konsumsinya sangat baik untuk jantung.

Susu almond

Beberapa dari Anda mungkin tidak mengenal susu yang satu ini. Susu almond adalah ekstrak dari buah almond yang dihaluskan bersama air. Kebaikan susu ini, bisa menjaga kesehatan jantung, dengan kandungan kolesterolnya yang sedikit, dan kalsiumnya yang optimal.

Susu almond juga memiliki kandungan asam lemak omega 3, yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Berbeda dengan jenis susu di atas, ternyata ada dua jenis susu yang konsumsinya justru membahayakan kesehatan jantung.

Santan

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Salah satu produk hasil olahan dari buah kelapa ini, ternyata bisa membahayakan organ jantung bila dikonsumsi berlebihan. Hal ini karena, santan memiliki kandungan kalori dan lemak jenuh, yang berbahaya untuk organ jantung.

Tidak hanya santan mentah, namun santan yang sudah diolah menjadi makanan, juga sangat membahayakan kesehatan, untuk itu konsumsinya harus dibatasi.

Susu kambing

Anda yang alergi laktosa, susu ini bisa menjadi salah satu alternatif pengganti susu sapi. Namun, berhati-hatilah, karena satu porsi susu kambing mengandung kalori, lemak jenuh, dan kolesterol yang sangat tinggi, yang bisa memengaruhi tekanan darah, serta menyebabkan gangguan jantung. (art)

Ditemukan, Zat 'Pembunuh' Mikroba Infeksi Nosokomial
Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016