Hitung Kalori Anda Setelah Berolahraga

Ilustrasi makanan sehat dan olahraga
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar
- Melakukan olahraga secara rutin, adalah salah satu cara yang tepat untuk mengurangi jumlah kalori berlebih dalam tubuh. Namun, jumlah kalori yang hilang selama berolahraga, juga perlu diganti, agar tubuh tidak kekurangan nutrisi. Lalu, sudah cukupkah Anda menggantikan kalori yang hilang selama berolahraga?

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa penggemar olahraga cenderung mengganggap remeh asupan kalori dalam tubuh setelah berolahraga. "Kebanyakan dari penggemar olahraga, belum bisa mengukur kandungan kalori yang hilang dan harus digantikan setelah berolahraga," ujar Craig Williams dari Pusat Kesehatan dan Pelatihan Anak St. Lukes of The University of The Exeter, Inggris.

Olahraga yang Baik untuk Dapatkan Jantung Sehat
Dilansir dari Fox News, penelitian ini melibatkan para penggemar olahraga remaja maupun orang dewasa, yang berasal dari latar belakang olahraga berbeda, yakni rugby, hoki, renang, maupun badminton. Peneliti kemudian memberikan beberapa sajian cokelat dan minuman berenergi, dan meminta para peserta menghitung seberapa banyak dari makanan dan minuman tersebut yang cukup untuk mengganti kalori tubuh yang hilang saat berolahraga.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, sebagian besar peserta melakukan perhitungan yang salah. "Sebagian besar dari mereka terlalu banyak mengonsumsi  kalori, dari yang seharusnya mereka makan," ujarnya.

Craig menjelaskan, untuk jenis olahraga fisik yang mengeluarkan sebanyak 500-700 kalori, tubuh sebenarnya hanya membutuhkan sebanyak 330 kalori dari cokelat, dan 140 kalori dari minuman berenergi yang disajikan. 

Konsumsi kalori yang berlebihan, menurut Craig, bisa membuat segala upaya olahraga Anda sia-sia. "Beberapa atlet amatir, memilih untuk menghadiahi dirinya beberapa slice pizza, setelah berolahraga. Ini yang bisa menyebabkan penumpukan kalori kembali terjadi," katanya.

Untuk itu mulailah menghitung dan menyesuaikan jumlah kalori yang terbakar dan harus digantikan setelah berolahraga, agar nutrisi tubuh tetap terjaga. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya