Studi: Sabun Batang Mengundang Bakteri

Ilustras sabun batang
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Penggunaan sabun bentuk batang, hingga kini masih banyak digunakan. Meskipun sudah banyak produk sabun dalam bentuk cair, namun sabun batang masih menjadi kegemaran. Namun, ketahuilah bahwa menggunakan sabun batang, bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Menurut seorang peneliti, Elaine L. Larson, Ph.d., sabun batang adalah salah satu tempat berkembangnya bakteri. Meski bakteri yang terdeteksi bukanah bakteri berbahaya, namun penyebarannya tetap saja mengancam kesehatan tubuh, "Khususnya untuk yang memiliki sistem imun lemah," ujarnya.

Dilansir dari Huffington Post, bakteri dan kuman yang bersarang di sabun batang, biasanya berasal dari busa sisa mandi, yang ada dipermukaan sabun. Untuk itu sebaiknya siram dulu sabun dengan air mengalir, sebelum akhirnya digunakan mandi. Hal ini membantu meminimalisir jumlah dan perkembangan bakteri yang terjadi.

Yang lebih berbahaya, adalah penggunaan sabun batang di kamar mandi bersama atau kamar mandi umum. "Risio penyebaran bakterinya lebih besar dan berbahaya," ujar Elaine, menambahkan.

Jika memang terpaksa menggunakan sabun batang di toilet bersama, Elaine menyarankan cuci dulu sabun dengan air, gunakan untuk mencuci tangan, dan segeralah bilas dengan bersih.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Menjaga kebersihan tubuh, bisa dilakukan dari hal yang paling mudah, yakni dengan menjaga kebersihan tangan, agar bakteri tak mudah masuk dan berkembang dalam tubuh kita.

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017