Ini Lima Hal Penyebab Batu Ginjal

Ilustrasi ginjal
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Cangkok Ginjal, Selamatkan Penderita Walau Kontroversial
 -Batu ginjal merupakan masalah kesehatan yang umum dialami masyarakat urban. Kendati biasanya berukuran relatif kecil, batu ginjal bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit.

Transplantasi Ginjal, Penyelamat yang Kontroversi
Apa sebenarnya yang menyebabkan batu ginjal? Penelitian yang dilakukan sebuah universitas di Amerika Serikat, menyebutkan gaya hidup berpengaruh besar terhadap munculnya penyakit batu ginjal pada masyarakat perkotaan. Oleh karena itu, mengubah pola hidup dipercaya bisa mengurangi risiko berkembangnya batu ginjal.

Lima Gejala Awal Batu Ginjal pada Wanita
Mengutip laman Fox News, berikut adalah lima faktor utama penyebab batu ginjal:

Kurang kalsium

Penelitian menyebutkan, kurangnya kadar kalsium dalam tubuh menjadi kontributor utama pembentukan batu ginjal di saluran kencing. Alasannya, rendahnya kadar kalsium dalam tubuh akan memicu senyawa kimia hasil metabolisme bernama oksalat untuk membentuk batu ginjal. Sebaliknya, jika kadar kalsium seimbang, oksalat akan ikut terbuang bersama ampas makanan melalui saluran cerna.

Diet tinggi garam

Kebanyakan orang lebih suka makanan asin ketimbang manis, padahal hal ini punya risiko tersendiri termasuk tekanan darah tinggi dan batu ginjal. Asupan garam meningkatkan kadar sodium dalam tubuh yang memicu penumpukan mineral lainnya, termasuk kalium di ginjal dan saluran kencing. Imbasnya, batu ginjal banyak terbentuk.

Kurang konsumsi buah

Buah-buahan, terutama jeruk, punya fungsi sebagai penghancur batu ginjal alami berkat kandungan sitrat. Jadi, tidak ada salahnya minum air lemon setiap pagi untuk ginjal yang sehat.

Banyak konsumsi daging merah

Hasil studi Universitas Harvard menemukan bahwa mereka yang mengonsumi ikan dan sayuran punya risiko 50 persen lebih rendah mengalami batu ginjal dibanding para pemakan daging merah.

Konsumsi es teh manis dan soda

Dua jenis minuman ini memang menyegarkan, apalagi saat terik menyerang. Namun, disisi lain, kedua jenis minuman ini juga memicu pembentukan batu ginjal. Penelitian Universitas Harvard menemukan bahwa gula buatan dalam minuman kemasan dan soda bisa meningkatkan risiko batu ginjal hingga 23 persen. Jadi sebaiknya, penuhi kebutuhan cairan harian lewat konsumsi air putih ketimbang minuman manis.

VIVA.co.id
-

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya