Dokter, Amankah Menggunakan Pembalut yang Wangi?

Ilustrasi pembalut
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Belum lama ini, publik dikagetkan dengan kisruh pembalut yang mengandung klorin, yang menurut dokter tidak berbahaya bagi kesehatan, selama kandungannya tidak berlebihan.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Berbicara mengenai pembalut, banyak juga merek pembalut maupun panty liner yang mengandung pewangi dengan berbagai pilihan. Lalu, amankah penggunaan pembalut menggunakan pewangi ini?
 
Menurut Dr. Tri Ari Wibowo dari laman Meetdoctor.com, menggunakan pembalut yang memiliki kandungan pewangi aman, selama kandungannya juga tidak berbahaya.  "Menggunakan produk pembalut berpewangi boleh saja kok, asal kandungan pewanginya yang non-iritan ya," ujar Aria, demikian ia biasa dipanggil.
 
Terjadinya iritasi pada bagian intim wanita, juga bergantung pada kesensitivitasan kulit si pengguna. Aria juga menyatakan, para pengguna pembalut berpewangi baiknya harus jeli, melihat ada atau tidaknya tanda-tanda ketidak cocokan pada produk tertentu.

"Jika mulai muncul gangguan seperti gatal dan perih di bagian luar daerah kewanitaan, sebaiknya jangan digunakan lagi," sarannya. Selain itu, terjadinya iritasi, bisa juga disebabkan ketidakhigienisan sang pengguna dalam menggunakan pembalut.

"Jangan gunakan satu pembalut untuk satu hari penuh. Darah yang menempel di pembalut bisa memicu pertumbuhan jamur dan bakteri yang membahayakan kesehatan organ kewanitaan," ungkapnya. 

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017