Segudang Manfaat Kesehatan dari Bawang Merah

Ilustrasi bawang merah
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ketahui Pantangan Makanan untuk Penderita Tifus
- Selain diketahui sebagai satu bahan penambah rasa makanan, bawang merah juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat tersebut? Simak ulasannya sebagaimana dikutip laman
Boldsky.
Awas, Batuk Bisa Jadi Salah Satu Gejala Kanker


Bahan dan Cara Alami Mengatasi Batuk Berdahak
Turunkan demam

Khasiat bawang merah, ternyata bisa digunakan untuk Anda yang ingin menurunkan demam. Cukup potong-potong bawang merah, campurkan dengan tumbukan kentang dan bawang putih, lalu usapkan pada bagian kaki. Kandungan dalam campuran ketiga bahan tersebut bisa menurunkan demam dan membuat tubuh lebih hangat.


Atasi iritasi mata


Bawang merah, sangat amat dihindari, karena efeknya yang bisa membuat mata perih dan seperti terbakar. Namun ternyata, hal itulah yang bermanfaat untuk mengatasi iritasi mata. Bawang merah, yang terkena kontak secara tidak langsung pada mata, bisa membuat produksi air mata lebih banyak yang membuat mata bersih dan terhindar dari iritasi.


Sembuhkan batuk


Terganggu dengan serangan batuk yang mengganggu? Cobalah buat jus bawang merah dengan campuran madu. Kandungan bawang merah bisa menjadi antibiotik yang mengursir kuman dan bakteri di tenggorokkan, sedangkan madu bisa membuat tenggorokan lebih nyaman.


Obati luka

Manfaat bawang merah yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang, adalah kemampuannya menyembuhkan luka bakar, maupun luka sayatan. Cukup aplikasikan irisan bawang merah ke bagian luka bakar dan sayat, yang mampu menyembuhkan luka dan mencegah terjadinya infeksi. Selain untuk luka, bawang merah juga berkhasiat menyembuhkan luka sengatan serangga.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya