Ini Efek Pil KB pada Wanita Berusia Muda

Ilustrasi rambut rontok
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Masalah kerontokkan rambut, diketahui menjadi masalah yang lumrah terjadi pada manusia. Namun, bagi wanita hal ini ternyata bisa terjadi karena konsumsi pil KB, terutama pada wanita yang berusia muda.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Seorang ahli hormon naturopati dari Australia, bernama dr. Lara Briden, mengungkapkan, bahwa pil KB bisa memberi dampak yang signifikan pada hormon manusia, yang bisa menyebabkan efek samping, salah satunya kerontokkan lumayan banyak pada rambut wanita berusia muda.
Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan


Dilansir dari
Daily Mail,
Lara mengatakan, "Pil KB juga bisa menyebabkan kerontokkan, karena mengandung progestin, senyawa sintesis dari hormon progesteron, yang memiliki indeks androgen tinggi. Senyawa inilah yang mengurangi kualitas folikel rambut, yang membuat rambut rontok.”


Untuk itu, gejala kerontokkan yang menjadi efek samping dari pil KB ini, jangan dianggap remeh. Segera konsultasi pada dokter, untuk mendapatkan penanganan tepat. Karena jika tidak, dampak lain yang lebih serius bisa terjadi pada tubuh kita.


Sedangkan untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut, menurut Lara, baiknya Anda banyak mengonsumsi nutrisi, seperti makanan yang mengandung zinc, protein, dan zat besi, yang bisa mengokohkan rambut dan mencegah terjadinya kerontokkan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya