Cegah Terjadinya Batu Empedu dengan Tiga Makanan Ini

ilustrasi batu empedu
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta
- Salah satu organ kecil namun sangat penting perannya dalam tubuh, adalah kandung empedu. Sayangnya, kesadaran manusia tentang pentingnya menjaga kesehatan kandung empedu masih sangat kurang, sehingga banyak kasus penyakit yang berhubungan dengan kendung empedu terjadi. Salah satunya pembentukan batu di kendung empedu.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Sama seperti batu ginjal, batu yang terbentuk dalam kandung empedu, bisa terjadi karena adanya pengendapan protein maupun kolesterol yang tak tersaring baik. Sesuatu yang bisa menumpuk di dalam kandung empedu, maupun di salurannya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan asupan tepat yang bisa melindungi tubuh dari pembentukan batu kandung empedu, yang informasinya dilansir dari laman
Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon
Boldsky berikut ini.


Buah pir


Selain terkenal dengan kerenyahan dan kesegaran rasa yang dimiliki, biar pir bisa juga memberi dampak baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya mencegah pembentukkan batu di kandung empedu. Kandungan dalam buah pir, mampu mengurangi kandungan protein dan kolesterol, serta mampu mengikis batu yang dengan lancar keluar dari tubuh.


Lemon


Kebaikan buah lemon, dan buah lain yang mengandung asam sitrus, mampu juga mengatasi masalah pada kandung empedu yang mengganggu. Pada kasus ini, buah yang mengandung asam sitrus, mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, yang mencegah pembentukkan batu di dalam saluran kandung empedu.


Kunyit


Ramuan yang juga ampuh untuk mencegah pembentukkan batu di kandung empedu, adalah kunyit. Kebaikan kunyit, yang dilengkapi dengan antioksidan dan kandungan antiradang, melancarkan fungsi hati dan kandung empedu. Beberapa rekomendasi juga mengatakan, mengonsumsi 1 sendok teh kunyit, dapat mengurangi 80 persen risiko pembentukkan batu di kandung empedu.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya