Bunda, Ini Asupan Tepat Mencegah Alergi pada Anak

Ilustrasi ibu dan anak.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Serangan alergi pada , adalah salah satu gangguan yang cukup rumit dan menyulitkan. Tak hanya bagi sang anak, tapi juga bagi orangtua yang menangani.

Dampak Terlambat Ketahui Alergi pada Anak

Namun, tak perlu panik, karena ada cara yang bisa dilakukan untuk menekan risiko terjadinya alergi pada anak, yakni dengan mengubah jenis dan pola makanannya.

Baca juga:

Lahir Caesar Picu Alergi pada Anak Lebih Tinggi

Sebuah penelitian di Swedia menemukan fakta bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung minyak ikan seperti ikan salmon dan makarel, akan menyelamatkan anak dari risiko terkena alergi pada sesuatu di masa depan.

Hal ini, karena, konsumsi minyak ikan dapat mengurangi tingkat peradangan dalam rongga hidung akibat beberapa faktor yang menyebabkan alergi.

Dilansir dari Daily Mail, konsumsi makanan yang mengandung minyak ikan ini, bahkan dapat mengurangi 50 persen risiko terkena alergi, karena kandungan alergi rinitisnya yang berkurang. Perolehan hasil penelitian ini didapatkan dari penelitian terhadap lebih dari 1.500 orang, 15 persen di antaranya terserang alergi meski saat kecil sehat-sehat saja.

Hal ini semakin diperkuat oleh pernyataan dr. Diana Di Fabio, dari Cleveland Childern Clinic Childresn Hospital, yang mengatakan bahwa konsumsi makanan mengandung minyak ikan, sudah bisa dilakukan saat baru lahir atau janin.
 
"Nutrisi baik untuk bayi, masuk dari ASI. Jika ingin mencegah serangan alergi, sebaiknya konsumsi daging ikan dengan cukup, sehingga otak optimal dan serangan alergi tak datang,” ujarnya.

Selain itu, ikan mengandung banyak manfaat lain seperti omega 3 dan protein, yang penting dalam proses pembentukan sel otak pada bayi, yang menunjang proses tumbuh kembangnya. (art)

Baby drink milk

Bayi Intoleransi Laktosa, Hentikan Minum Susu Sapi

Kram perut, mual, diare akan terasa pada bayi usai konsumsi susu sapi.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016