Mengenal Lebih Jauh tentang Bahaya Penyakit Sepsis

Pria demam.
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Mendengar nama ini, mungkin beberapa dari kita akan langsung mengerutkan dahi. Wajar, karena ia jarang terdengar. Namun ketahuilah, penyakit ini patut untuk diwaspadai, karena dampaknya sangat membahayakan.

Sepsis, adalah gangguan pada sistem yang disebabkan bakteri yang masuk lewat pembuluh darah, dan menyebabkan gangguan sistem organ dalam tubuh, yang bisa menyebabkannya gagal fungsi organ.

Waspada Penyakit Sepsis pada Bayi dan Balita

Baca juga:

Dilansir dari laman Mayo Clinic, sepsis dapat terjadi pada siapapun, terutama orang dengan sistem imunitas lemah. Gejalanya diperparah kurangnya cairan dalam tubuh.

"Bakteri sepsis dapat menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh yang memicu kegagalan sistem kerja tubuh," ujar salah satu dokter dari Mayo Clinic.

Gejala utama dari penyakit ini, adalah demam tinggi, detak jantung yang cepat, sesak napas, serta terjadinya beberapa infeksi dalam tubuh sang penderita.

Penyebab dan gejalanya yang hampir sama dengan gejala demam biasa, membuat penderita menyepelekan penyakit ini, yang lalu berkembang menjadi kejang septis atau septic shock.
 
Ketika sudah mengalami kejang septis, itu tandanya Anda harus segera menemui ke rumah sakit. Karena, peradangan dan infeksi yang terjadi pada tubuh, bisa menyebabkan gagal fungsi organ dan menyebabkan kematian. Untuk itu, sebaiknya perhatikan kondisi tubuh ketika demam, ketika ada potensi sepsis, segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan.

Ketahui Pantangan Makanan untuk Penderita Tifus
Tangan bayi.

Kenali Gejala Sepsis pada Bayi Sejak Dini

Demam hingga 38 derajat selama 3 hari berturut-turut.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016