Minum Soda Bikin Haid Lancar, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi minuman kaleng
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini Risiko Gemar Mengonsumsi Minuman Soda
- Banyak mitos beredar, menenggak minuman bisa melancarkan peredaran darah dan membuat haid lebih lancar. Hal inilah yang banyak diyakini wanita saar datang bulan. Namun, apakah soda benar-benar ampuh melancarkan haid, atau justru malah mengganggu?

Uniknya Minuman Soda dengan Rasa Belut Panggang

Baca juga:
Enam Alasan Berhenti Minum Soda


Menurut dr. Nina Amelia Gunawan dari laman
, janganlah terlalu dini percaya pada mitos yang belum tentu kebenarannya. "Hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas konsumsi soda terhadap siklus menstruasi. Sehingga tidak ada anjuran untuk mengonsumsi soda agar memperlancar haid," ujarnya.


Yang harus diwaspadai lebih jauh, ialah kandungan gula berlebih dalam minuman soda, yang bisa menimbulkan asam lambung. Sesuatu yang mengganggu kenyamanan tubuh saat haid, Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi soda, baik saat ataupun sedang tidak haid.


Nina juga menyatakan, lancar atau tidaknya menstruasi ditentukan keseimbangan hormon yang ada di tubuh wanita itu sendiri. Apabila hormon tidak seimbang, maka siklus mens juga akan berantakan. Maka dari itu, siasati hal ini dengan menyeimbangkan pola hidup sehat, menghindari stres, dan rutin berolahraga.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya