Waspada, Hal Ini Bisa Jadi Pertanda Kanker Payudara

Ilustrasi kanker.
Sumber :

VIVA.co.id - Apa yang Anda ketahui tentang tanda-tanda kanker payudara? Sebagian besar dari Anda hanya mengetahui tanda-tanda seperti benjolan di daerah payudara, perubahan warna, ukuran, dan sensitivitas dari puting, dan rasa tak nyaman seperti terbakar di daerah sekitar ketiak. Hal inilah yang juga ada dalam pikiran Fiona Lewis, sebelum akhirnya ia menemukan tanda dalam tubuhnya yang berujung pada vonis kanker payudara.

Fiona, seorang guru matematika yang berusia 44 tahun, tak pernah menyangka ruam kesat di bagian payudaranya bisa menjadi pertanda dari serangan kanker yang menggerogoti tubuhnya perlahan.

Kanker, Penyakit Mahal yang Umum di Negara Miskin

"Ada sekitar 2-3 cm sentimeter kulit saya yang terasa kasar dan kesat, namun saya hiraukan saja." ujarnya. Namun setelah dibiarkan selama empat bulan, area tersebut semakin mengeras dan mulai terasa sedikit benjol.

Daily Mail melansir, setelah melakukan serangakain pemeriksaan, dokter mendeteksi dua sel tumor di payudara Fiona yang merupakan sel kanker tahap awal. Dengan penanganan yang tepat, akhirnya sel kanker tersebut diangkap dari tubuhnya dan Fiona selamat.

Hal inilah yang menjadi perhatian bagi Dr Julie Cooke, seorang pakar radiologi dari arvis Breast Centre di Royal Surrey County Hospital, Guildford. Julie merasa, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui dan mengawasi setiap perubahan yang terjadi pada payudaranya.

"Tak hanya benjolan saja, pertanda kanker bisa ditandai dengan perubahan tekstur, warna, dan kelembutan pada kulit di sekitar payudara," ujarnya.

Cara Sederhana Deteksi Kanker

Jika menemukan adanya kelainan pada bagian dari payudara, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri, agar kanker tidak terlambat ditangani. Tingkatkan juga pencegahan pada kanker, dengan mengonsumsi makanan sehat, dan rutin berolahraga agar tubuh semakin kuat dan tak rentan terhadap kanker.

ilustrasi deodorant

Deodorant Picu Kanker Payudara?

Deodorant penting untuk mencegah bau badan, tapi betulkah berbahaya?

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016