Empat Pertanda Gangguan Hormon pada Wanita

Ilustrasi wanita sakit kepala atau stres
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Hormon testosteron, adalah jenis hormon yang diketahui diproduksi oleh pria. Namun, hormon ini juga penting dan memegang andil yang cukup besar untuk wanita.

Menjaga keseimbangan pasokan hormon testosteron, bisa memperlambat fase menopause, yang memberkan banyak dampak buruk pada wanita, yang ditandai oleh beberapa hal berikut, sebagaimana dilansir dari laman Fox News.

Mudah lelah

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Ketika Anda sudah memasuki usia yang tak lagi muda, rasa lelah dan letih tentunya akan sering datang menghampiri Anda. Selain daya tahan tubuh yang sudah menurun, kadar testosteron dalm tubuh yang rendah juga bisa menjadi pemicu datangnya rasa lelah yang terus menerus. Untuk itu cukupilah asupan yang dapat meningkatkan produksi hormon, sehingga tubuh lebih sehat dan bertenaga.

Stres

Ketika stres seringkali menyerang dan mengganggu aktivitas, coba periksakan kadar hormon testosteron Anda. Sebab, kadarnya yang rendah bisa memicu stres, yang berpotensi menimbulkan depresi.

Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa wanita di usia 25 sampai 46 tahun, yang memiliki kandungan hormon testosteron rendah, dapat mudah terserang stres, yang berdampak pada gangguan kesehatan lainnya.

Sulit menurunkan berat badan

Anda merasa sudah total menjaga pola makan namun tetap sulit menurunkan berat badan? mungkin hormon Anda yang menjadi masalahnya. Menurut sebuah penelitian yang mengamati lebih dari 400 wanita di Jepang, kekurangan testosteron dapat mempengaruhi kerja dan kekokohan otot, dan sulitnya tubuh mengeluarkan lemak. Olahraga dengan rutin, akan membantu meringankan gejala ini dan membuat tubuh lebih bugar.

Kurang bergairah di ranjang

Manjakan Pasiennya, RS Ini Sediakan Spa

Oleh karena peran testosteron yang bertindak sebagai hormon seksual, kadarnya yang sedikit tentu sangat berpengaruh pada kehidupan seksual Anda. Jika Anda merasa kurang bersemangat di ranjang, maka bisa saja hormon testosteron sedang tidak pada jumlah yang seharusnya.

Imbangi pola makan sehat Anda dengan olahraga dan istirahat yang cukup, agar kelengkapan gizi dan hormon yang dibutuhkan tubuh tercukupi, dan kesehatan terjaga selalu.

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017