Cegah Kanker dengan Makan Tomat

Buah tomat.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Publik kini sedang diramaikan dengan kabar anjloknya harga tomat di pasaran. Dampak yang juga terjadi adalah banyaknya tomat membusuk dan tidak dimanfaatkan oleh pasar. Hal ini sangat disayangkan, mengingat sebenarnya khasiat tomat aslinya baik untuk kesehatan.

Lalu, apa saja kandungan tomat yang berguna untuk tubuh kita? Simak ulasannya, dilansir dari laman Web MD.

Antioksidan

Kebaikan pertama yang terkandung dalam tomat adalah antioksidan. Sesuatu yang bermanfaat untuk menangkal segala radikal bebas dan zat berbahaya lain dalam tubuh. Jadi, konsumsi tomat dengan rutin, untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Mencegah kanker

Kandungan lycopene dalam tomat sudah terbukti dapat menyelamatkan Anda dari serangan kanker prostat. Hal ini dibuktikan sebuah penelitian yang menggabungkan ekstrak brokoli dan tomat, yang ternyata memerlambat pertumbuhan kanker prostat.

Penelitian lain yang dilakukan The University of Montreal juga mengungkap khasiat lycopene dan carotenoids dalam tomat, yang mampu mengecilkan tumor pada pankreas sebanyak 31 persen.

Imunitas dan daya tahan

Zat yang juga terkandung dalam tomat, adalah vitamin C dan A, yang terbukti baik untuk kesehatan mata, dan mampu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C juga bisa memberikan cukup energi untuk Anda menjalani aktivitas harian. Tomat, bisa pula dijadikan berbagai pilihan menu, baik menu utama maupun makanan pendamping.

Baik untuk ibu menyusui

Tomat, memiliki khasiat yang baik untuk ibu menyusui. Kandungan lycopene dalam tomat, terbukti bisa mengoptimalkan produksi ASI, yang mencukupi nutrisi dan gizi seimbang yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya. Dengan mengonsumsi tomat, ibu akan sehat dan perkembangan tubuh bayi selamat.

Khasiat dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

(ren)

Tomat

Konsumsi Tomat Efektif Cegah Keriput

Tomat kaya antioksidan yang bisa melindungi dari bahaya UV.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016