Waspada, Jenis Pekerjaan yang Berpotensi Undang Penyakit

Ilustrasi rumah sakit
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Memiliki pekerjaan yang sudah lama diinginkan, adalah hal yang menyenangkan. Pekerjaan lebih terasa mudah dan tekanan pun tak terasa. Namun, beberapa pekerjaan, yang mungkin salah satunya menjadi impian, ternyata dapat memberikan risiko gangguan . Apa saja itu? Simak informasinya dikutip dari laman Daily Mail.

Baca juga:

Pembuat roti

Penelitian menunjukkan bahwa, pembuat roti, adalah salah satu kelompok yang berisiko mengidap kelainan pernapasan. "Tepung yang digunakan dalam proses pembuatan roti, dapat terhirup dan menyebabkan reaksi alergi dalam tubuh.

Rindu Itu Penyakit

Hal ini karena kandungan protein dalam tepung dianggap partikel asing oleh tubuh," ujar Paul Cullinan, seorang peneliti dari Royal Brompton Hospital. Selain pembuat roti, gangguan pernapasan juga berisiko pada pekerjaan yang melibatkan debu dan binatang.

Dokter gigi

Keluhan penyakit yang banyak dialami oleh para dokter gigi, adalah rasa sakit di bagian punggung belakang dan sekitar leher. Hal ini, disebabkan oleh postur tubuh para dokter yang seringkali menyalahi aturan. Salah satunya adalah kebiasaan membungkuk dalam waktu lama, sesuatu yang bisa menyebabkan gangguan pada persendian yang membahayakan. Dalam jangka panjang, keluhan ini bisa menjadi ancaman penyakit arthritis.

Perawat


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 1000 perawat memiliki risiko terkena gangguan pada kulit, yang 7 kali lebih besar daripada orang dengan profesi lain. Hal ini disebabkan penggunaan sabun dan cairan pembersih tangan yang berlebihan dalam waktu lama. "Reaksi ini juga bisa terjadi pada praktisi kesehatan yang menggunakan sarung tangan lateks. Beberapa jenis kulit, tidak cocok dengan lateks dan bisa menyebabkan reaksi alergi.

Pilot

Pernahkah Anda mendengar bahwa menjadi pilot, bisa memberikan risiko terkena kanker? Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang pilot maupun awak pesawat terbang, memiliki risiko terkena kanker kulit (melanoma).

Hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, yang bisa menyebabkan radiasi. "Lapisan ozone yang semakin menipis, membuat gelombang radiasi mudah terpapar dan membahayakan kulit. Karena radiasi tersebut, pilot juga 3 kali lebih berisiko mengidap katarak. (ren)

Ilustrasi karyawan bekerja.

Tips agar Target Pekerjaan Sesuai 'Deadline'

Lakukan perencanaan dan organisasi dalam bekerja.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016