Ini Empat Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Ilustrasi kaki kram
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Menjaga kecukupan nutrisi dalam tubuh adalah hal utama yang harus dilakukan, jika ingin menjaga kesehatan. Salah satu yang tak boleh terlewat, yakni asupan vitamin dalam tubuh. 

Indonesia Masih Mahal Teknologi Operasi Otot

Alasannya, karena kekurangan vitamin dapat membuat tubuh mengalami banyak gangguan, yang bisa ditandai oleh beberapa hal berikut, sebagaimana dikutip dari laman Boldsky. 

Kram

Lima Cara Alami Atasi Kram Otot

Tubuh terasa kram setelah beraktivitas? Hal ini saja karena ada gangguan pada otot Anda. Namun, kram juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin B, yang bisa berdampak pada otot dan persendian. Selain vitamin, kekurangan mineral juga bisa menjadi pemicu datangnya kram. 

Gatal 

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Terganggu dengan rasa gatal yang menyerang rambut dan kulit kepala? Jangan salahkan ketombe. Karena tanda tersebut bisa jadi tanda tubuh Anda yang kekurangan vitamin. Ya, kekurangan vitamin B7, dapat memberikan beberapa tanda, salah satunya munculnya rasa gatal di bagian rambut dan kulit kepala. Untuk itu cukupilah asupannya agar gejalanya tidak mengganggu Anda. 

Jerawat

Munculnya benjolan kecil seperti jerawat di sekitar kulit wajah maupun daerah lainnya di tubuh? Dapat menjadi tanda dari kekurangan vitamin A dan D, yang memberikan dampak langsung pada kulit Anda. Cukupilah asupan vitamin ini dengan rajin konsumsi buah dan sayur, serta berjemur di bawah sinar matahari pagi. 

Noda kuku

Noda kuku pada jari, seringkali dikaitkan dengan mitos perjodohan. Namun faktanya, adanya noda dan gejala lain seperti pecah dan retak pada kuku, adalah tanda dari asupan vitamin E yang kurang dalam tubuh. Hal ini dapat juga berdampak pada kelembaban kulit yang semakin berkurang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya