Waspada, Kencan yang Buruk Bisa Membawa Penyakit

Pasangan.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Rindu Itu Penyakit
- Melakukan kencan pertama dengan idaman hati, tentu akan membuat kita bahagia. Namun bila ternyata kencan tak sebaik yang diharapkan, hal ini ternyata tak hanya meninggalkan rasa tak nyaman di hati, namun efeknya bisa mengganggu kesehatan. Ya, efek sampingnya menyerang sistem imunitas tubuh.

Antibiotik Alami Ini Ampuh Singkirkan Berbagai Penyakit

Baca juga:
Tak Semua Kejang Dikategorikan Epilepsi


"Sama seperti saat kita terserang flu," ujar dr Linda Papadopaulous, seorang psikiatri, dilansir dari laman Daily Mail. Dampaknya bisa menyebabkan serangkaian gangguan kesehatan, seperti stres, depresi, dan obesitas. Kencan yang buruk dapat meninggalkan mood yang bisa membuat kita stres, yang berujung pada depresi ringan.


"Mood dan stres, memiliki peran yang cukup besar dalam kencan, sebelum kencan Anda merasa cemas dan grogi, hal ini merupakan stres ringan. Begitupun saat kencan usai, penelitian menunjukkan bahwa 23 persen orang merasa cemas dan takut berlebih sepulang kencan," ungkapnya.


Sedangkan pada kaitannya dengan obesitas, hormon cortisol adalah penyebabnya. Ketika Anda stres dan tertekan, tubuh akan mengeluarkan hormon kartisol, yang memiliki dampak pada nafsu makan seseorang. "Inilah hubungan antara stres, dan asupan kalori yang berlebihan," ujar Linda.


Untuk itu, pastikanlah kecocokan Anda dengan calon pasangan sebelum akhirnya melakukan kencan. Dengan begitu, waktu kita tak akan terbuang dan kesehatan juga tidak akan menjadi taruhan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya