Menyingkap Mitos tentang Penyakit Eksim

Ilustrasi gatal dan kesemutan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bagi para orangtua, Anda harus mengenal penyakit eczema atau yang lebih akrab disebut eksim. Gejalanya kulit gatal dan terasa panas. Karena penyakit ini rentan mengenai anak-anak, khususnya yang alergi protein susu sapi dan makanan tertentu.

Perlu Kementerian Khusus Urus Program Makan Siang dan Susu Gratis

Pengetahuan yang kurang tentang eksim, membuat penyakit ini sering disalah artikan beberapa pihak, termasuk beberapa mitos keliru yang infromasinya dilansir dari Daily Mail.

Baca juga:

Mitos salah 1: Disebabkan makanan


Meski banyak kasus ini terjadi, namun eksim tidak disebabkan makanan. Hal ini dibenarkan dr Adam Freidmann, dermatologis dari Harley Street Dermathology Clinic, yang menyangsikan pernyataan bahwa makanan adalah penyebab utama eksim. "Namun, hingga kini penyebabnya masih belum diketahui," ujarnya. Namun, makanan tepat bisa membantu meringankan gejala eksim yang mengganggu anak.

Mitos salah 2: Penderitanya tak boleh mandi

Hal ini salah besar. Kenyataannya, penderita eksim tetap bisa mandi dengan aman dan nyaman, selama mengikuti beberapa kondisi. "Jangan gunakan produk kebersihan yang menggunakan tambahan wewangian, mandilah dengan air hangat agar temperaturnya seimbang," ujar Adam. Hindari juga penggunaan bedak tabur, karena menyebabkan iritasi kulit. Jaga kelembapan dengan menggunakan pelembap berbahan alami.

Mitos salah 3: Penderita tak boleh berenang

Lagi-lagi ini mitos ngawur, semua penderita eksim masih boleh menghabiskan waktu di kolam renang. "Kuncinya antisipasi, periksalah kadar klorin dalam kolam sebelum anak berenang, pastikan jika kandungannya berada dalam tingkat aman, anak boleh saja menghabiskan waktu bermain air di kolam," ujar Adam.

Mitos salah 4: Pengidapnya tak boleh berolahraga


Keringat berlebih, memang bisa memerburuk gejala eksim. Namun, lagi lagi selama Anda melakukan antisipasi, gejalanya tak akan bertambah parah. Sebelum berolahraga, pastikan menggunakan pelembap kulit yang bisa mencegah terjadinya iritasi yang bisa memperburuk eksim.

Song Joong Ki

Pernah Jadi Kontroversi, Pose Song Joong Ki di Karpet Merah Baeksang Awards jadi Sorotan

Di antara selebriti yang membuat heboh di karpet merah adalah kehadiran Song Joong Ki. Aktor tersebut tampil necis dalam balutan setelan tuksedo hitam-putih.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024