Ahli Gizi: Pencernaan Sehat, Kunci Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi anak atau balita
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Stimulasi Kepintaran Anak Lewat Membaca
- Tak lagi asing, bila dikatakan bahwa nutrisi tepat dan gizi seimbang, adalah hal penting dalam proses tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, asupan yang cukup dan seimbang, harus selalu dioptimalkan demi menjaga kesehatan dan pertumbuhan si kecil.

Si Mungil Keranjingan Games

Baca juga:
Apakah Buah Hati Anda Cukup Kalsium?

Alasannya, karena kesehatan organ cerna anak memiliki pengaruh yang cukup besar pada keoptimalan tumbuh kembang si kecil. Hal ini dibenarkan Dr. dr. Saptawati Bardosono, Msc, seorang ahli gizi.


"Terdapat saraf khusus dalam tubuh yang menghubungkan perut dengan otak kita. Maka dari itu, ketika pencernaan terganggu, pertumbuhan dan perkembangan otak anak juga bisa terganggu," ujarnya.


Menjaga pencernaan anak, bisa dilakukan dengan selalu mencukupi gizinya, dengan porsi makan yang seimbang. "Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang tepat untuk menjaga pencernaan anak," ungkapnya dalam acara seminar kesehatan di Jakarta, Rabu, 2 September 2015.


Saptawati menyatakan, dengan pencernaan yang kuat, proses tumbuh kembang anak akan lebih optimal dan takkan terganggu. "Untuk anak yang pilih-pilih makanan, ibu bisa memikirkan hal yang kreatif dan inovatif, yang membuat anak lebih semangat dan tak sulit untuk makan sehat," ungkapnya.


Pesannya pada ibu, cukupilah nutrisi untuk anak sedini mungkin. "Paling tidak dalam 1.000 hari pertama si kecil," ujarnya. Dengan begitu, tubuh anak akan menjadi lebih kuat, dan anak akan tumbuh lebih optimal. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya