Gangguan Kesehatan Dilihat dari Telapak Tangan

Ilustrasi telapak tangan
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Atasi Telapak Tangan Kasar dengan Tiga Resep Ini
- Bagi sebagian orang, telapak tangan biasanya dijadikan media peramal nasib. Melalui garis telapak tangan, si ahli seolah dapat memetakan kisah hidup seseorang, sejak lahir hingga tutup usia.

Miliki Telapak Tangan Halus dan Lembut dengan Cara Ini

Baca juga:
Solusi Aman Menghalau Keringat Berlebih

Namun selain itu, melalui telapak tangan kita juga bisa melihat kondisi kesehatan manusia. Lalu, apa saja tanda gangguan kesehatan yang terlihat dari telapak tangan? Simak ulasannya dari
Times of India.


Kemerahan


Telapak tangan yang berwarna kemerahan, tanda dari gangguan organ hati, sirosis. Gejala ini terjadi karena pembuluh darah tidak mampu menyeimbangkan kadar hormon tubuh, menyebabkan kerusakan hati. Warna kemerahan tersebar dari ibu jari hingga kelingking, dan bagian sekitar pergelangan. Bila terjadi, segera periksa ke dokter.


Berkeringat


Yang satu ini banyak dialami orang. Sayangnya, gejala munculnya keringat berlebih pada telapak tangan sering disepelekan. Selain menandakan reaksi  cemas berlebih, kerigat banyak di telapak tangan, bisa juga menjadi tanda tidak seimbangan hormon tiroid. Hal ini menimbulkan penyakit gondok.


Kulit terkelupas


Mengalami telapak tangan terkelupas? Bisa karena kandungan nutrisi dan air kurang. Namun, terkelupasnya kulit telapak tangan juga bisa disebabkan hormon esterogen yang berkurang, biasanya terjadi pada wanita usia lanjut.


Gemetar


Sering gemetar di bagian tangan? Coba seimbangkan konsumsi kopi Anda. Bila berlebih, dampaknya menyebabkan gemetar di bagian tangan. Dalam kasus lebih berat, gemetar di tangan bisa menjadi tanda gejala awal parkinson. Jika gemetar tak kunjung hilang, periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan maksimal.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya