Lindungi Pernapasan saat Tunaikan Ibadah Haji

Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

VIVA.co.id - Menunaikan Haji, adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Namun, jangan lupa menjaga kesehatan ketika sedang menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Baca juga:

Beragam kegiatan fisik yang dilakukan dalam ibadah Haji, membutuhkan tubuh kuat dan sehat. Belum lagi, di sana terjadi perbedaan kondisi iklim dibandingkan dengan yang ada di Tanah Air.

Calon Haji Asal Madura Nekat Bawa Jamu Kuat Lelaki

Hal ini, tentu rentan memengaruhi kesehatan jemaah. Mulai dari kambuhnya penyakit kronis yang diderita, hingga beragam potensi penyakit menular bisa terjadi.

Yang juga harus dikhawatirkan, adalah gangguan pernapasan dan epitaksis (mimisan) yang mengancam kelancaran ibadah. Hal ini diungkapkan dr. H. Sjahruddin, SpTHT spesialis THT, dari rumah sakit Siloam MRCCC, Jakarta, melalui rilis. 

"Epitaksis terjadi, karena adanya perbedaan suhu udara antara Mekah dan Indonesia. Rata-rata suhu udara di Tanah Air berkisar antara 37 - 38 derajat celsius, sedangkan di Mekkah suhu udara bisa mencapai 43 - 44 derajat celsius," ujarnya.

Hal ini, membuat kerja mukosa hidung berat dan membengkak, jika tersentuh dapat mengakibatkan inflamasi sehingga terjadi epitaksis, atau mimisan. Karena itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi sistem pernafasan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci, yang di antaranya:

Hindari polusi

Sebisa mungkin hindari menghirup polusi seperti debu, bulu unta, dan asap kendaraan bermotor, dengan menggunakan masker untuk meminimalkan paparan polusi. Selain mengganggu kesehatan, polusi juga bisa mengganggu kekhusyukan beribadah.

Perhatikan jenis alergi

Anda yang memiliki reaksi alergi terhadap debu atau cuaca, sebaiknya membicarakan perihal alergi pada dokter. Karena, obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengatasi alergi bisa mengganggu jalannya pernapasan, serta efek samping lain, seperti mengantuk yang mengganggu ibadah. Selain itu, jauhi pemicu alergi yang Anda miliki, agar tak kambuh saat beribadah.

Hidup sehat

Hidup bersama alergi, pasti menyulitkan untuk beberapa dari Anda. Namun, hal ini bisa dibuat lebih mudah, bila Anda menjalankan pola hidup sehat. Salah satu yang bisa diaplikasi adalah mencuci tangan dengan rutin, menjaga pola makan, istirahat cukup dan olahraga. Dengan begitu, tubuh akan lebih bugar dan sehat dalam jangka panjang. (asp)

Jemaah haji dari Embarkasi Surabaya

Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim

Dua calon haji asal Pamekasan harus menunggu putusan pengadilan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016