Efek Diabetes yang Terjadi pada Tubuh Manusia

Ilustrasi gigi.
Sumber :
  • Liveman

VIVA.co.id - Tingginya kasus diabetes yang terjadi di Indonesia, memberikan efek baik, yakni meningkatnya angka kesadaran masyarakat untuk melawan dan menghindari penyakit diabetes.

Dokter Filipina Temukan Obat Diabetes dalam 5 Menit

Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui, banyak hal tentang penyakit ini. Salah satunya adalah beberapa efek tak biasa, tetapi bisa terjadi pada tubuh. Apa saja itu? Simak ulasannya dikutip dari laman WebMD.

Baca juga:

Jantung


Seorang penderita diabetes, memiliki kemungkinan terkena serangan jantung yang dua kali lebih besar dari yang tidak menderita biabetes. Hal ini juga berhubungan dengan gangguan pada pembuluh darah, yang membuat tubuh menjadi kurang peka terhadap tanda-tanda gangguan jantung.

Mata

Kesehatan mata, adalah salah satu yang akan terkena imbas dari penyakit diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penyakit diabetes bisa menyebabkan gangguan mata. Contohnya glukoma, katarak, hingga beberapa gejala lain, yang ditandai dengan rasa pegal dan panas pada mata, yang seharusnya todak disepelekan, agar dampaknya tidak semakin membahayakan.

Ginjal


Penyakit diabetes juga bisa memberikan dampak pada organ ginjal. Beberapa kasus diabetes juga terdeteksi menyebabkan gagal ginjal, terkait dengan pengobatan dan komplikasi yang terjadi pada tubuh penderita.

Gigi


Yang juga dapat terkena dampak dari penyakit diabetes ini, adalah bagian gigi dan gusi. Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa penderita diabetes, sangat rentan terhadap gangguan gusi dan gigi. Gejalanya ditandai dengan gusi yang memerah dan bengkak, yang sering terjadi.

Jangan khawatir, karena dengan kadar gula darah yang terkontrol Anda akan terhindari jauh dari risiko penyakit ini. (asp)

Penderita Diabetes, Ditemukan Pil Pengganti Suntik Insulin
oat meal.

Menu Sarapan untuk Anak Penderita Diabetes

Anak penderita diabetes membutuhkan perhatian khusus.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016