Kenali Empat Jenis Hormon Pemicu Kegemukan

Ilustrasi pria gemuk
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Camilan Malam yang Tak Bikin Gemuk
- Kegemukan, atau obesitas adalah gangguan kesehatan yang dapat disebabkan berbagai macam hal. Pola makan sembarangan dan kurangnya olahraga, adalah beberapa penyebab yang banyak diketahui sebagian orang.

Bahaya Tubuh Gemuk untuk Kesehatan

Baca juga:
Cara Unik Pelatih Kebugaran Bantu Klien Kuruskan Badan


Namun, tahukah Anda, hormon juga memiliki andil cukup besar dalam memengaruhi bobot tubuh seseorang. Apa saja hormon yang dimaksud? Simak ulasannya dikutip dari
Boldsky.


Kortisol


Hormon ini adalah salah satu pemicu stres, yang dapat membuat berat badan berlebih. Karena pada saat stres, produksi hormon kortisol yang meningkat akan meningkatkan nafsu makan, membuat Anda ingin makan lebih banyak.


Testosteron


Ketidakseimbangan kadar hormon testosteron, juga bisa berdampak pada tubuh Anda. Karena, jika kadar hormon ini berlebih, tubuh akan merasa lebih lapar dan ingin makan lebih lahap.


Estrogen


Pada saat memasuki masa menopause, kadar hormon estrogen akan berkurang. Hal tersebut, dapat membuat Anda mengalami penumpukkan lemak, terutama di bagian perut dan pinggang. Olahraga rutin bisa membantu mengurangi risikonya.


Insulin


Hormon yang satu ini, berperan penting dalam proses pemecahan glukosa dan karbohidrat dalam tubuh. Ketika hormon ini tidak terproduksi dengan baik, maka karbohidrat dan gula akan menumpuk menjadi lemak berlebih yang membuat Anda kegemukan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya