Mengenali Datangnya Gejala Usus Buntu

Ilustrasi usus buntu atau sistem pencernaan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Dalam melakukan aktivitas harian, pastinya Anda akan merasa terganggu jika tiba-tiba rasa sakit menyerang. Mungkin sebagian dari Anda, ada yang bertanya, mengapa terkadang dalam keseharian, sering merasakan nyeri di bagian perut sebelah kanan. Kalau dilihat dari sisi medis, sebenarnya apa yang terjadi?

Ada yang Janggal dalam Surat Sakit Gus Muhdlor, KPK: Ini Agak Lain Suratnya

Untuk menjawab hal ini, dr Deffy Leksani dari laman Meetdoctor menjelaskan, harus dilihat dulu, rasa sakit itu tepatnya di bagian apa. Hal ini perlu agar diagnosa dokter tepat.

“Lalu, apakah ada gejala lain? Jika nyeri timbul di sebelah kanan bawah, bisa saja karena peradangan usus buntu (appendicitis). Namun untuk lebih memastikan keluhan, dibutuhkan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan penunjang untuk dapat menegakkan suatu diagnosa,” ujar sang dokter.

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Secara umum, jika benar itu usus buntu, maka penyebabnya sangat bervariasi. Infeksi pada usus buntu, dapat disebabkan sumbatan pada muara usus buntu tersebut, sehingga akhirnya timbullah peradangan dan  infeksi.

Sumbatan itu sendiri, dapat berupa kotoran, benda asing di dalam tubuh, atau kanker. Selain itu, sumbatan juga dapat terbentuk akibat peradangan dinding usus buntu yang timbul sebagai respons terhadap infeksi. Nah, gejala usus buntu ada berbagai macam, dan tidak semua orang memiliki semua gejala tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui gejalanya sedini mungkin.

Keluarga Tegaskan Lettu Agam Tak Pernah Lakukan Kekerasan Fisik ke Istrinya
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor usai halal bihalal di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

KPK berencana akan memanggil Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor pada pekan depan terkait dugaan korupsi pemotongan insentif pegawai BPBD di Sidoarjo.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024